PedomanBengkulu.com Bengkulu Tengah – Demi meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan ancaman wabah corona, dengan melakukan sosialisasi dan menggelar razia gabungan penertiban kesadaran masyarakat akan pentingnya masker. Senin (23/11/2020) pagi, Tim satgas pencegahan Covid-19 kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) kembali melakukan razia gabungan di depan Polsek Talang Empat, jalan lintas Bengkulu-Curup kabupaten Benteng.

Dari pantawan PedomanBengkulu.com razia yang dimulai pukul 08.00 WIB ini masih banyak mendapati pengendara atau masyarakat yang lalai akan protokol kesehatan terutama dalam penggunaan masker sebagai pelindung diri. Hal ini juga dijelaskan langsung Gunawan.R selaku kepala satuan polisi pamong praja (Satpol PP) Benteng saat ditemui awak media.

“Berdasarkan data peningkatan yang terpapar covid di Bengkulu ini dan mendukung program pemerintah, pagi ini kita lakukan kembali penertiban dan sosialisasi protokol kesehatan,” jelasnya.

Gunawan juga menjelaskan, sejak sosialisai dan penertiban masker di kabupaten Benteng dilakukan. Kurang lebih 450 masyarakat yang terjaring tidak menggunakan masker dan diberikan sangsi sosial ataupun denda demi memberikan efek jerah sehingga meningkatkan kesadaran masyarakat mematuhi peraturan pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19.

“Harapan kita, masyarakat sadar akan pentingnya penggunaan masker dan dapat menyampaikan hal ini kepada keluarga masing-masing,” ujar Gunawan.

Sementara itu ketua DPRD Benteng Budi Suryanto, S.Sos saat memantau kegiatan tersebut menjelaskan bagi masyarakat yang melanggar Inpres nomor 6 tahun 2020 dan ditindaklanjuti peraturan Gubernur nomor 22 tahun 2020 dan Perbup nomor 37 tahun 2020 yang mana untuk p ncegahan penyebaran Covid-19. Razia ini bertujuan penegakan hukum protokol kesehatan di wilayah kabupaten Bengkulu Tengah ini.

“Masyarakat tidak ada pengecualian, betul-betul harus melaksanakan protokol kesehatan termasuk kami sendiri,” tegas Budi.

Dan untuk penindakan sanksi, kepada awak media Budi menjelaskan Perbup akan benar-benar di tindak kepada siapapun yang melanggar.

“Sangsinya sendiri akan dikenakan denda mulai dari Rp 100.000 – Rp500.000, Sanksi sosial dan kita akan melakukan tindakan baik di jalan, tempat umum maupun tempat keramayan lainnya,” Pungkasnya

Sesuai dengan pantauan PedomanBengkulu.com Penegakkan prokes dilaksanakan dengan cara persuasif dan humanis bagi pelanggar akan diberikan pemahaman dan sosialisasi serta sanksi fisik berupa push up dan bersih- bersih Halaman Polsek Talang Empat. [Hendri Suwi]