PedomanBengkulu.com Rejang Lebong – Warga Gang Macang Kelurahan Talang Rimbo Baru Kecamatan Curup Tengah, Rabu (11/11/2020) sekitar pukul 07.45 mendadak heboh. Penyebab kehebohan tersebut karena tindakan pencuran yang dilakukan oleh AF (33) Warga Dusun Gardu Kecamatan Binduriang Kabupaten Rejang Lebong diketauhi Agus Sutrisno warga setempat.

Ia nyaris kehilangan sepeda motor Honda Beat warna Hitam dengan nomor polisi BD 6860 GI yang telah sempat dilarikan pelaku, untungnya aksi tersebut diketahui korban dan sempat berteriak sehingga pelaku panik dan terjatuh. Warga yang mendengar teriakan korban langsung menangkap pelaku pencurian dan akhirnya menjadi bulan-bulanan warga.

“Benar telah terjadi tindakan pencurinan yang dilakukan oleh AF. Korban sempat mendengar sepeda motornya di hidupkan dan ia berteriak. Pelaku ini diduga panik sehingga terjatuh dan langsung dikejar warga,” kata Kapolres Rejang Lenbong AKBP Puji Prayitno melalui kasat Reskrim AKP Ahmad Musrin Muzni.

Disampaikan Kasat, pelaku pencurian tersebut setelah berhasil diamankan warga akhirnya diserahkan ke Polres Rejang Lebong untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Tersangka sudah diserahkan ke Polres dan dari hasil pemeriksaan sementara, AF ini masuk dalam daftar pencarian orang karena pada akhir tahun lalu melakukan tindakan pencurian Sepeda Motor di minimarket depan Bataliyon Tempel Rejo,” Kata Kasat.

Kasat juga menyampaikan dari tangan tersangka berhasil diamankan 1 unit kunci T yang digunakan merusak Kontak sepeda motor, satu buah kunci yang telah dimodifikasi dan sepeda motor yang sempat dibawa kabur.

Kronologi Af ini ditangkap dan digebuki warga berawal ketika ia berusaha mencuri sepeda motor milik korban yang diparkir di depan rumah kontrakannya. Korban yang baru pulang berbelanja dari pasar mendengar suara sepeda motornya dihidupkan dari depan rumah, dan korban melihat bahwa yang membawa sepeda motornya orang tidak dikenal kemudian korban melakukan pengejaraan sambil berteriak “MALING” karena panik tersangka terjatuh di Jalan Talang Rimbo kemudian diamankan oleh korban dan masyarakat, setelah itu pelaku dibawa ke Polres Rejang Lebong untuk diamankan untuk proses lebih lanjut. [Julkifli Sembiring]