PedomanBengkulu.com, Seluma – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) rencananya akan dibangun di kawasan kelurahan Pasar Tais, berdekatan dengan Masjid Agung Baitul Falihin Kabupaten Seluma. Pembangunan ini untuk menambah intstitusi pendidikan di kawasan Kota Tais, yang selama ini belum memiliki MAN. Masyarakat seputar wilayah Tais, harus ke Tumbuan atau ke Talo jika ingin sekolah di MAN.

Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Pemerintahan Umum (Tapem) Setdakab Seluma, Dadang Kosasi menyatakan, lahan yang akan dibangun MAN memiliki luas satu hektare. Peninjauan lokasi sudah dilakukan oleh bagian Tapem, untuk mengukur dan memastikan lokasi lahan.

“Lahan sudah ada dan akan dihibahkan ke Kemenag. Kami sudah melakukan peninjauan ke lokasi, dan memang sertifkatnya belum ada, namun sudah dilakukan ganti rugi. Lokasinya berdekatan dengan masjid Falihin sebagai bentuk lembaga pendidikan yang mengedepankan agama,” jelas Dadang (18/11/2020).

Tak hanya bangunan sekolah, anntinya lahan tersebut juga akan dibangun infrastruktur pendukung yakni berupa kebun dan taman. Pembangun sekolah tersebut diharapkan dapat memajukan pendidikan di Kabupaten Seluma.

“Tidak hanya sekolah, akan dibangun taman dan kebun, kami targetkan proses hibah ini bisa cepat selesai dan bisa segera dibangun,” jelas Dadang.

Adapun rencana pembangunan MAN di kawasan Kota Tais juga sudah disampaikan oleh Kepala Kanwil Kemenag Kabupaten Seluma, Mulyad Hudori. Ia mengatakan pembangunan MAN sangat dibutuhkan agar lulusan SMP sederajat tak perlu jauh jauh untuk menempuh pendidikan di MAN. [IT2006]