PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Standar samping atau Side Stand merupakan fitur yang sering dijumpai di sepeda motor. Standar samping bermanfaat untuk menegakkan motor saat sedang di parkir, namun ada potensi bahaya yang dapat ditimbulkan apabila tidak berhati-hati dalam melakukan parkir sepeda motor dengan standar samping.

Kerap kali pengendara lupa menaikkan kembali standar samping sehingga mempu menjadi sandungan ketika sedang berkendara sepeda motor dan sebagai akibatnya kecelakaan pun tak terhindarkan.

Pentingnya faktor keselamatan pengendara dan kenyamanan dalam berkendara membuat pabrikan Sepeda Motor Honda (Astra Honda Motor) menyematkan fitur side stand switch pada skutik Sepeda Motor Honda. Sehingga para pengendara skutik Sepeda Motor Honda tidak lagi perlu khawatir akan potensi bahaya dari lupanya menaikkan standar samping sepeda motor. Pasalnya, mesin dari skutik sepeda motor tidak akan bisa menyala apabila standar samping belum dinaikkan, serta mesin kendaraan akan mati secara otomatis ketika standar samping diturunkan.

“Kenyamanan dan keselamatan berkendara juga harus disertai dengan penggunaan kelengkapan berkendara lainnya seperti helm, jaket dan sarung tangan agar kita terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Ingat berkendara, ingat Cari Aman,” ujar Safety Riding Instruktur Astra Motor Bengkulu Noval Yunaidi.[Kucir.06]