PedomanBengkulu.com, Jakarta – Melihat kondisi pandemi yang berdampak besar pada sektor usaha kecil menengah (UKM), Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) mengadakan pelatihan kompetensi tingkat lanjut untuk bengkel wirausaha muda yang tergabung pada Astra Honda Youthpreunership Program (AHYPP). Pelatihan komprehensif tingkat lanjut ini bagian dari konsistensi komitmen Yayasan AHM dalam melahirkan wirausaha muda mandiri dari dunia vokasi di Tanah Air.

Pelatihan komprehensif ini diselenggarakan secara daring pada 1 – 3 Desember 2020. Sebanyak 21 wirausahawan muda pemilik bengkel binaan alumni SMK dilatih terkait teknis maupun non teknis untuk membantu meningkatkan kompetensi dalam pengelolaan bengkel oleh instruktur kompeten PT Astra Honda Motor (AHM) dan pelatih profesional di bidangnya. Beragam materi ini meliputi materi teknis troubleshooting dan pengetahuan terkait part, maupun pelatihan soft skill seperti manajemen pengelolaan bengkel, digital dan offline marketing, customer handling, hingga manajemen personalia bengkel.

Selain itu, terdapat pula pelatihan keselamatan berkendara serta pengetahuan terkait Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) bengkel yang tidak kalah penting dalam mengelola usaha mereka. Para peserta juga diharuskan mengerjakan tes sebelum dan setelah pelatihan untuk memastikan efektivitas dan pemahaman mereka terkait materi yang disampaikan.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin menyampaikan kendati menghadapi pandemi, semangat dan skill para calon pengusaha muda bengkel binaan yayasan harus tetap dijaga dan ditingkatkan. Dengan kompetensi dan kemampuan yang semakin kompetitif, para alumni SMK ini diharapkan akan bisa cepat menjalankankan bisnisnya dengan cepat saat pandemi nanti usai.

“UKM merupakan salah satu sektor yang terdampak cukup signifikan oleh pandemi yang sedang berlangsung. Oleh karena itu, Yayasan AHM ingin tetap hadir untuk UKM yang lahir dari pendidikan vokasi dalam kondisi apapun. Harapannya mereka tetap bertahan bahkan tumbuh menjadi usaha yang kompetitif yang nantinya dapat berkontribusi ke masyarakat sekitar mereka,” ujar Muhibbuddin.

AHYPP merupakan program berkala tahap lanjut bagi alumni SMK yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda dan telah memiliki usaha bengkel sepeda motor. Program yang telah berjalan selama tiga tahun ini telah berhasil mencetak dua angkatan alumni yang sukses menjadi wirausahawan muda pada tahun 2017 dan 2019.

Melalui AHYPP, para wirausahawan muda di bidang bengkel sepeda motor dibekali berbagai ilmu, yaitu pengetahuan terkait produk dan perawatan sepeda motor, pembentukan karakter wirausahawan muda yang cerdas, hingga cara mengelola bengkel yang memiliki daya saing kompetitif. Seluruh bengkel binaan diberikan pendampingan secara berkala untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola keuangan bengkel yang merupakan salah satu elemen penting dalam kemajuan sebuah usaha.

Selain itu, para wirausahawan muda pemilik bengkel binaan ini juga mendapatkan program mentoring dan monitoring dengan metode one on one secara daring dari tim ahli. Kegiatan ini ditujukan untuk mengetahui secara langsung kondisi bengkel yang terlihat saat tim melakukan virtual tour di bengkel mereka. Mentoring dan monitoring ini juga dijadikan para peserta untuk mendapatkan solusi terbaik dalam menyelesaikan berbagi kendala yang dihadapi oleh peserta di masing-masing bengkelnya. [Kucir.06]