PedomanBengkulu.com, Seluma – Pemungutan suara Pilkada 2020 Kabupaten Seluma, hanya tinggal sepekan lagi. Persiapan terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma, dengan menyiapkan logistik, pemetaan surat suara, hingga persiapan personil yang akan bertugas 9 Desember 2020 mendatang. Pelaksanaan Pilkada kali ini dipastikan berbeda dengan periode sebelumnya, karena dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19.

Ketua KPU Kabupaten Seluma, Sarjan Effendi dalam kegiatan coffe morning bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Seluma (3/12/2020) menyatakan, KPU menjamin pelaksanaan pemungutan suara mentaati protokol kesehatan (Prokes), agar tidak menjadi tempat penularan Covid-19.

“Kami jamin pelaksanaan pemungutan suara Pilkada 2020 mendatang, akan menaati protokol kesehatan. Karena kami sudah mengatur pembagian waktu untuk masyarakat mencoblos, berdasarkan waktu tertentu. Nanti pada surat undangan memberikan hak suara yang dibagikan kepada masyarakat, sudah tertera pukul berapa warga bisa memberikan hak suara,” jelas Sarjan.

Kendati demikian, Sarjan mengatakan masyarakat yang datang tidak sesuai jadwal yang ditentukan tetap bisa mencoblos, jika ada halangan atau alasan tertentu.

“Seandainya masyarakat yang akan mencoblos tersebut pada jam yang disediakan dia sakit perut, dan baru bisa datang setelahnya, maka tetap bisa kami layani asalkan waktu pencoblosan di TPS tetap dilayani,” jelasnya.

Perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) juga sudah disediakan oleh KPU, untuk melindungi masyarakat dan petugas yang di TPS saat pemungutan suara berlangsung. KPU pun mengajak masyarakat tidak ragu untuk menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Sudah disiapkan sarung tangan medis, pencuci tangan, hand sanitizer, masker. Tinta pun saat ini sudah tidak lagi main celup, melainkan dengan cara ditetes. Sehingga pada saat pemungutan suara nanti, masyarakat tetap terjamin kesehatannya,” jelas Sarjan. [IT2006]