PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bengkulu berhasil merealisasikan penerimaan pajak tahun 2020 melebihi target yang diamanahkan.

Kepala KPP Pratama Bengkulu, Raden Agus Setiawan menyebut prestasi yang ditorehkan pada tahun ini merupakan sesuatu yang langka dan baru terjadi sejak terbentuknya KPP Pratama Bengkulu pada tahun 2008 lalu.

“Sejak terbentuknya KPP Pratama Bengkulu tahun 2008 baru kali ini target penerimaan pajak bisa tercapai,” sebut Raden Agus kepada PedomanBengkulu.com melalui pesan WhatsApp, Rabu (30/12) malam.

Tercatat, realisasi penerimaan pajak KPP Pratama Bengkulu per 30 Desember 2020 sebesar 1.024 miliar atau 100,14%. Bahkan menurutnya penerimaan tersebut akan terus bertambah mengingat tahun 2020 ini masih menyisakan beberapa 1 hari lagi.

Lebih lanjut Raden Agus menyebutkan jenis pajak yang berkontribusi besar pada penerimaan 2020 ialah dari sektor perdagangan besar dan eceran disusul industri pengolahan, administrasi pemerintahan, jasa keuangan dan asuransi, serta jasa konstruksi.

“Pandemi Covid-19 memang sangat berpengaruh terhadap perekonomian khususnya usaha WP. Tetapi meski demikian tidak semua sektor usaha mengalami penurunan penghasilan,” ungkap Raden Agus.

Lebih lanjut dirinya mengaku, pencapaian target penerimaan itu dapat dicapai berkat kerja keras pegawai KPP dalam melaksanakan tugasnya dan maksimal dalam melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi terhadap WP strategis dan WP penentu penerimaan termasuk WP Bendahara pemerintah dengan meningkatkan pelayanan, penyuluhan, pembinaan, pengawasan dalam rangka meningkatkan voluntary payment atau kepatuhan pajak sukarela.

Selain itu penegakan hukum berupa penerapan sanksi administrasi, tindakan pemeriksaan dilanjutkan penagihan pajak dengan surat paksa, sita, lelang, blokir rekening, pencegahan dilakukan terhadap WP yg terindikasi kurang atau tidak patuh untuk memberikan efek jera bagi WP sehingga memberikan deterent efek yg dapat mencegah WP melakukan fraud atau tindak pidana perpajakan.

“Ini pencapaian yang sangat luar biasa. Terima kasih banyak kepada wajib pajak di KPP Pratama Bengkulu yang telah berkontribusi dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya. Semoga tahun depan usaha wajib pajak dapat lebih baik lagi dan pandemi ini segera berakhir sehingga semua sektor usaha yang terdampak pandemi ini dapat bangkit kembali dan menjadi lebih sukses serta lebih besar lagi. Amin,” pungkasnya.[Kucir.06]