Foto lubang hitam (Nasa.gov)

Potret lubang hitam beberapa waktu yang lalu adalah salah kemajuan teknologi terbesar abad ini untuk mengungkap misteri lubang hitam, meski hingga saat ini masih banyak hal yang tidak kita ketahui tentangnya.

Lantas, coba bayangkan jika kamu atau kita sudah punya kemampuan menjelajah angkasa dan kamu kemudian masuk ke dalamnya, apa sebenarnya yang ada di dalam black hole atau lubang hitam?

Seorang Profesor asal Durham university, Richard Massey mencoba menjelaskan apa yang akan terjadi jika hal itu mungkin dilakukan. Menurutnya, tidak ada apapun di dalam lubang hitam, dan apapun yang masuk ke sana tidak akan pernah bisa kembali, seperti dikutip dari laman kompas.com.

Ia menjelaskan, lubang hitam dihasilkan dari ledakan bintang raksasa yang kemudian menjadi inti kecil yang memiliki tekanan gravitasi pada satu titik tak terhingga yang sangat kuat. Tarikan gravitasi itulah yang membentuk lubang hitam yang menyedot apapun di sekitarnya.

Nah, jika ada yang masuk ke dalamnya, maka dapat dipastikan tidak akan ada yang dapat keluar kembali. Akan hancur berkeping-keping karena tekanan gravitasi yang sangat kuat.

Itu artinya, lubang hitam itu tidak dapat dimasuki dan lubang hitam juga tidak menuju ke manapun. Meski ada banyak teori juga yang menyatakan arah lubang hitam dengan beberapa dugaan-dugaan seperti dilansir dari sciencealert.com.

Salah satu yang terkenal adalah bahwa lubang hitam itu ibarat lubang cacing yang menuju galaksi lain. Itu seperti lubang hitam merupakan jembatan yang menghubungkan antar galaksi.

Tapi satu yang jelas, hingga saat ini belum ada bukti konkret bahwa lubang hitam itu punya muara dan yang hanya bisa ketahui bahwa kita juga tidak dapat memotret isi lubang hitam. [Ricky]