Sukamdani berpose bersama flora langka bunga Rafflesia Arnoldi di Desa Tik Tebing Kecamatan Lebong Atas, Rabu (30/12/2020).

PedomanBengkulu.com, Lebong – Hadiah dipenghujung tahun 2020 bagi pecinta flora langka, Rabu (30/12/2020) telah ditemukan mekar dengan sempurna bunga Rafflesia Arnoldi di Desa Tik Tebing Kecamatan Lebong Atas. Kabar mekarnya bunga yang masuk jenis Padma raksasa ini, juga langsung mendapatkan respon yang baik dari masyarakat Kabupaten Lebong. Bagaimana tidak, Bunga Rafflesia Arnoldii yang merupakan satu dari tiga bunga nasional Indonesia ini tumbuh dan mekar sempurna, hanya berjarak sekitar 400 meter dari jalan raya lintas Kabupaten Lebong – Bengkulu yang jalan masuknya tidak jauh dari Makoramil Lebong Atas.

Pecinta flora langka yang juga seorang aktivis Kabupaten Lebong, Sukamdani kepada PedomanBengkulu.com menyebutkan, pihaknya awalnya mendengar dari warga kalau lokasi mekarnya Bunga Raflesia tersebut langsung menuju lokasi dan sudah memagari bunganya. Dengan harapan masyarakat yang ingin melihat langsung, dapat menjaga dan tidak merusak selama mekarnya Bunga Raflesia tersebut.

“Selain Bunga yang sekarang mekar, kami juga menemukan sisa bongkol Bunga Raflesia yang sudah layu. Bahkan dilokasi tersebut juga, saat ini sudah ada bongkol Bunga Raflesia yang siap mekar,” ungkap Sukamdani Rabu (30/12/2020) siang.

Ditambahkan Sukamdani, untuk menuju lokasi mekarnya Bunga Raflesia Arnoldi ini, jaraknya tidak jauh dari jalan raya dan masyarakat dengan mudah dapat mencapai lokasi tersebut. Bahkan selain melihat bunga Rafflesia, masyarakat juga bisa menikmati indahnya pemandangan dikawasan mekarnya bunga Rafflesia.

“(Jaraknya,red) hanya 400 meter masuk dari jalan raya, silakan melihat dan mengunjungi langsung. Cuma kita berpesan kepada masyarakat yang datang ke lokasi untuk tidak merusak kelopak atau bongkolnya,” singkatnya. [Supriyadi]