Lidah ular (Foto: Britannica.com)

Ular diketahui tidak memiliki telinga luar dan bahkan gendang telinga. Tidak hanya itu, ular ternyata juga memiliki kemampuan mata yang rendah dan tidak dapat memfokuskannya.

Ular juga tidak memiliki kemampuan penciuman hidung, hidung ular hanya berfungsi untuk bernafas. Tapi tahukah kamu, ternyata semua fungsi itu digantikan oleh kemampuan lidah ular yang luar biasa.

Berikut kami rangkum 7 fakta lidah ular yang menggantikan fungsi telinga dan penciuman hidung, dirangkum The Infinite Spider.

1. Kemampuan mata dan telinga ular tidak seperti hewan lainnya, kemampuan terbatas. Namun, ular dan beberapa kadal memiliki lidah yang dapat menangkap getaran melalui tanah. Begitu ia merasakan getaran, ular akan mulai menjulurkan lidahnya keluar dari mulut untuk merasakannya.

2. Seekor ular memiliki lekukan di bibir atasnya yang memungkinkan lidahnya masuk dan keluar tanpa membuka mulutnya. Lidahnya bisa bebas keluar masuk dengan cepat tanpa harus buka mulut.

3. Ketika ada ular menjulurkan lidah, banyak orang menganggap ular itu berusaha untuk menggigit. Padahal kenyataannya, sangat sedikit ular yang benar-benar memiliki racun dan dari yang sedikit itu, mereka mengeluarkan racun dari gigi seperti jarum di mulutnya bukan dari lidahnya.

4. Lidah ular menggantikan fungsi hidung umumnya untuk mencium bau dengan cara menangkap molekul udara, membawanya masuk ke mulut dan menaruhnya di organ yang bernama Jacobson yang berada di langit-langit mulut ular, bentuknya seperti dua buah lubang. Organ itu yang akan mendeteksi molekul udara itu dan menerjemahkannya menjadi informasi bau.

5. Manusia dan banyak hewan lain ternyata juga memiliki Organ Jacobson juga. Tapi umumnya tidak banyak orang yang mengetahuinya juga memiliki organ tersebut. Organ itu juga ditemukan di sebagian besar hewan berkaki empat, termasuk kucing, sapi, anjing, rusa, anjing laut, harimau, dan lainnya. Seperti pada ular, organ itu juga terdapat di lapisan atap mulut.

6. Ular menggunakan informasi rasa/bau dari lidah mereka untuk melacak mangsa dan menemukan sarang. Jantan juga menggunakannya untuk menemukan betina dengan melacak feromon. Ditemukan bahwa jika Organ Jacobson terganggu maka ular itu kesulitan menemukan mangsa.

7. Lidah ular yang bercabang memungkinkan mereka merasakan bau tertentu dari dua arah yang berbeda.
[Ricky]