PedomanBengkulu.com, Seluma – Sebanyak 2.440 vial vaksin Sinovac tiba di Kabupaten Seluma pada rabu (13/1/2020) siang. Vaksin untuk pencegahan penularan Covid-19 tersebut dijemput langsung menggunakan ambulans, oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma ke Dinkes Provinsi Bengkulu. Pengambilan vaksin mendapat pengawalan petugas dari Polres Seluma.

Vaksin yang tiba disimpan didalam satu kardus, dan langsung dibawa petugas dari ambulan ke gudang UPTD Instalasi Farmasi milik Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma. Selanjutnya vaksin disimpan di lemari pendingin khusus, yang juga tiba di Dinkes Seluma pada rabu siang.

“Bahwasannya untuk Kabupaten Seluma mendapat 2.440 vial vaksin, direncanakan tahap awal ini untuk tenaga kesehatan dan akan kami launcing di Puskesmas Tais,” jelas Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Kabupaten Seluma.

Tak hanya itu vaksin yang tiba hari ini juga akan digunakan untuk vaksinasi pejabat, sebagai orang yang pertama kali divaksinasi. Langkah ini dilakukan untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat, terhadap vaksin yang sudah disertifikasi halal dan dinyatakan aman.

“Rencananya jum’at akan dilaunching di Puskesmas Tais, dan akan langsung dilakukan vaksinasi terhadap pejabat yakni Asisten III, Kapolres Seluma, dan pejabat lainnya yang saat ini datanya sudah ada di pemerintah pusat,. Sedangkan untuk Bupati Seluma saat ini belum, karena terkategori lanjut usia” jelasnya.

Polisi Lakukan Pengamanan

Sementara itu pasca vaksin tiba di Dinkes Seluma, Polres Seluma akan melakukan pengamanan terhadap penyimpanan vaksin. Petugas juga akan ditempatkan di lokasi pelaksanaan vaksinasi.

“Untuk keamanan sudah menjadi tugas kami, baik dari pengamanan di tempat penyimpanan, maupun pengamanan pada saat pelaksanaannya nanti,” jelas Kapolres Seluma, AKBP. Swittanto Prasetyo usai mengunjungoi lokasi tempat penyimpanan vaksin. [IT2006]