PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Baru-baru ini setelah penantian yang panjang Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Bhakti Husada Bengkulu Prodi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) akhirnya membuahkan hasil, karena Prodi Kemas mendapatkan nilai akreditasi B.

Persiapan tiap lima tahunan sekali ini memakan waktu yang cukup lama untuk terus berbenah, melalui asesmen lapangan Prodi Kesmas dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes), dan Alhamdulillah, berhasil mendapatkan Nilai B.

Hal ini disampaikan Rusiandy, SKM,MS Ketua Stikes Bhakti Husada Bengkulu, saat menggelar syukuran kecil-kecilan bersama staf dan dosen-dosen, yang dirinya mengungkapkan saat ini Jurusan Kesmas akreditasinya sudah menjadi B.

“Alhamdulillah, Jurusan Kesmas akreditasinya sudah B,” ungkap Rusiandy, SKM,MS Ketua Stikes Bhakti Husada Bengkulu, saat menggelar syukur bersama tim akreditasi Kesmas Bhakti Husada, di Rumah Makan Kampung Pesisir, Senin, (11/1/2021).

Ucap syukur tersebut, lalu dirinya juga menceritakan, proses kesiapan tim akreditasi Kesmas Bhakti Husada hingga mendapatkan nilai akreditasi B hampir 1 tahun lebih tertunda, ditambah lagi karena pandemi COVID-19 semuanya menjadi terhenti.

“Dipusat, awalnya sempat dihentikan dulu prosesnya sementara waktu karena pandemi covid-19, lalu kemudian lebih kurang 2 minggu yang lalu dari pusat mengiyakan untuk proses akreditasinya cukup dengan daring, atau via online saja,” jelasnya.

Lebih lanjut, Rusiandy menyebutkan ada Standar-standar sebelumnya yang telah dipersiapkan dari STIKES Bhakti Husada untuk meningkatkan Akreditasi. Standar penilaian akreditasi memang menunjukkan kualitas dari sebuah lembaga pendidikan.

“Ada 5 standar dalam penilaian, mulai dari standar kurikulum, standar sumber daya manusia (SDM), standar sarana dan prasarana, standar penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dan yang terakhir standar pengelolaan kampus,” katanya.

Dirinya tidak lupa mengucapkan ribuan terimakasih kepada tim akreditasi STIKES Bhakti Husada yang sudah mempersiapkan dalam standardisasi penilaian Prodi Kesmas sehingga hari ini menjadi B.

“Terimakasih kepada tim Akreditasi yang sudah bersama-sama mempersiapkan dalam penilaian, dan sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Tim Akreditasi kesmas STIKES Bhakti Husada Bengkulu dengan telah mendapatkan nilai B,” ucapnya.

Lebih jauh, dirinya juga berharap dengan adanya prodi-prodi khususnya Prodi Kemas yang telah terakreditasi B harus bisa mempertahankan akreditasinya, bahkan naik menjadi A.

“Tantangan ke depannya supaya lebih rajin untuk mendokumentasikan segala bentuk kegiatan yang berlangsung. Selain itu, masing-masing dosen diharapkan membuat buku ajar, bukan hanya bahan ajar, yang ber-ISBN, dan┬ájuga membuat jurnal internasional yang terindeks scopus,” tutupnya. [Soprian]