PedomanBengkulu.com, Seluma – Bupati dan Wakil Bupati Seluma terpilih, Erwin Octavian – Gustianto dijadwalkan dilantik pada 17 Februari 2021 mendatang. Ini sesuai dengan berakhirnya masa jabatan Bundra Jaya – Suparto, yang telah lima tahun memimpin Seluma. Namun pelantikan tersebut terancam tertunda, karena belum adanya Gubernur Bengkulu yang definitif.

Saat ini gugatan pasangan calon Gubernur – Wakil Gubernur, Agusrin M. Najamudin – Imron Rosyadi, masih diproses persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK). Proses persidangan diprediksi memakan waktu lama, sehingga melewati waktu berakhirnya masa jabatan Gubernur Bengkulu pada 12 Februari mendatang.

Bupati Seluma, Bundra Jaya menyatakan, pelantikan tidak bisa dilakukan oleh Penjabat Gubernur. Ia mengatakan sesuai aturan seorang Penjabat Gubernur tidak mungkin melantik seorang kepala daerah definitif.

“Kalau sesuai aturan tidak bisa, maka dari itu harus dilantik oleh Gubernur definitif. Ini yang saya khawatirkan, di Seluma kemungkinan dipimpin Penjabat Bupati, Penjabat Sekda, sampai Kepala OPD nya juga Plt,” jelas Bundra Jaya (26/1/2021).

Kendati demikian, Bundra memastikan proses pengajuan pelantikan Bupati-Wakil Bupati yang baru tetap dilakukan, setelah berkasnya diserahkan oleh DPRD.

“Berkas dari DPRD sudah saya tandatangani dan diteruskan ke Gubernur Bengkulu,” jelas Bundra Jaya. [IT2006]