Dempo Xler

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Dalam waktu dekat, Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu berencana Hearing ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu, di masa pandemi covid-19 ini. Kunjungan yang dilakukan itu, bukan lain untuk mengkoordinasikan surat dukungan tentang perekrutan CPNS formasi Guru di Bumi Rafflesia.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler SIp mengatakan jangan lagi menggunakan tenaga pendidik dengan status Honorer atau bahkan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Dikarenakan dengan penghasilan itu, tidak menjamin masa depan tenaga pendidik.

“Kita akan meminta surat dukungan agar perekrutan CPNS, Guru tetap akan CPNS. Jangan lagi honorer tapi PPPK,” kata Dempo kepada awak media, pada Sabtu (9/1/2021).

Selain itu, Dempo melanjutkan dalam pertemuan dengan pihak Dikbud Provinsi Bengkulu nanti, pihaknya juga akan membahas masalah Tunjangan Profesi Guru (TPG) sertifikasi triwulan keempat tahun 2020 yang hingga saat ini belum cair. Padahal, anggaran untuk pembayaran tunjangan itu sudah tersedia.

“Insya Allah, dalam waktu dekat ini berkomunikasi dengan Diknas untuk menanyakan apa penyebabnya. Karena kan, anggaran sudah ada,” ungkapnya.

Menurut informasi, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Bengkulu, telah menyambangi sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov, untuk mempertanyakannya hal tersebut.

Bahkan, TPG sertifikasi guru SMK/SMA/SLB untuk sepuluh kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu yang belum cair itu terhitung selama tiga bulan. Dengan besaran gaji pokok Rp 4 hingga 5 juta perbulannya.

Seperti sebelumnya, menurut Dempo, management keuangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) memang sedikit amburadul. Bukan hanya TPG, bahkan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) Aparatur Sipil Negara (ASN) sempat terhambat.

“Harusnya kan, jika pembayaran untuk tahun yang ditetapkan. Ya, harus dibayarkan tahun itu juga. Kecuali, jika itu urusan hutang pembangunan. Maka nanti dianggarkan di pos pembangunan. Bukan di pos TPP atau TPG,” tutup Dempo. [Alfi]