Tampak Masjid Nashrullah di jalan lintas Bengkulu-Manna kelurahan Bunga Mas kecamatan Seluma Timur, mengalami rusak di bagian dinding.

Pedomanbengkulu.com, Seluma – Gempa kembali mengguncang wilayah Provinsi Bengkulu pada kamis (7/1/2020) dinihari, sekitar pukul 00.28 WIB. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berpusat di 41 KM barat daya perairan Kabupaten Bengkulu Selatan dengan kekuatan 5.8 Magnitudo.

Dampak gempa tektonik yang tidak berpotensi tsunami tersebut, menyebabkan kerusakan di Kabupaten Seluma. Satu unit Masjid Nashrullah yang beralamatkan di jalan lintas Bengkulu-Manna kelurahan Bunga Mas kecamatan Seluma Timur, mengalami rusak di bagian dinding. Dinding bangunan yang dilapisi keramik (granit), seketika runtuh saat gempa mengguncang. Akibatnya nyaris seluruh granit saat ini terlepas dan runtuh ke lantai.

Salah satu warga bernama Serahan menyatakan, gempa yang mengguncang pada kamis dinihari tersebut terasa cukup kencang. Gempa tersebut membuat warga yang sedang beristirahat terbangun dan berhamburan keluar rumah.

“Memang gempa tadi malam terasa cukup kencang, dan saat itu kami sedang istirahat. Kalau di rumah tidak ada yang rusak ataupun korban, tetapi masjid ini waktu dilihat ternyata sudah runtuh bagian dindingnya. Guncangan gempa ini merupakan peringatan dari Yang Maha Kuasa untuk kita,” jelasnya saat ditemui di lokasi masjid.

Reruntuhan Nyaris Lukai Jurnalis

Sementara itu dampak kerusakan yang terjadi di masjid Nasrullah kelurahan Bunga Mas, nyaris memakan korban. Jurnalis yang datang ke lokasi pada kamis pagi, nyaris tertimpa reruntuhan dinding yang tiba tiba saja kembali berjatuhan. Beruntung saat kejadian, jurnalis sedang tidak berada tepat dibawah lapisan dinding yang runtuh.

“Waktu saya lagi ambil foto, tiba tiba lapisan dinding itu jatuh ke lantai dan jumlahnya cukup banyak. Untung saya sudah bergeser, padahal tadi berdiri tepat dibawah reruntuhan itu,” ujar Tomi Nurman, jurnalis salah satu media online. [IT2006]