Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syamsir
Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syamsir.

PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Rencana Pemerintah Pusat akan melakukan pemberian vaksin Covid-19 untuk tahap awal pertengahan Januari 2021 untuk tenaga kesehatan tampaknya belum akan dilaksanakan di Kabupaten Rejang Lebong. Hal ini karena sampai saat ini Dinas Kesehatan Rejang Lebong belum mendapatkan Vaksin anti Covid-19 tersebut.

“Sampai hari ini (11/1/2021) kita belum menerima vaksin yang akan digunakan untuk kegiatan vaksinasi. Kita belum tahu berapa kuota vaksin yang akan diberikan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syamsir, Senin (11/1/2021).

Disampaikan Syamsir, Dinas Kesehatan Rejang Lebong telah siap melaksanakan kegiatan vaksinasi terutama untuk tenaga kesehatan.

“Kita sudah mempersiapkan petugas vaksinator sebanyak 4 orang di setiap Puskesmas dan kita juga sudah menjadwalkan louncing pada tanggal 14 Januari, namun dari informasi yang kita terima, untuk Rejang Lebong di undur pada bulan Febuari 2021,” kata Syamsir.

Syamsir juga menyampaikan, pihaknya untuk tahap awal telah mengajukan usulan sebanyak 1.740 orang tenaga kesehatan yang akan divaksin pada tahap awal.

“Untuk tahap awal ini memang diprioritaskan untuk tenaga Kesehatan, usulan kita ada sebanyak 1.740 orang dan kita juga sudah mempersiapkan orang yang akan divaksin karena yang akan divaksin harus memenuihi kriterita tertentu. Misalnya yang akan divaksin harus dalam kondisi sehat dan dalam 14 hari terakhir tidak ada gangguan Ispa. Untuk tenaga Kesehatan yang sudah sembuh dari Covid-19 tidak lagi disuntik vaksin,” kata Syamsir. [Julkifli Sembiring]