Komisioner KPU Rejang Lebong, Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan Fahamsyah.

PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Komisi Pemilihan Umum Rejang Lebong segera melakukan penjadwalan Rapat Peeno Penetapan Bupati/Wakil Bupati Terpilih hasil Pilkada 9 Desember 2020.

Rencana Penetapan tersebut setelah KPU RL menerima Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi yang dikeluarkan pada Rabu (20/1/2021) dan ditindaklanjuti oleh KPU Pusat melalu Surat nomor :60/PL.02.7-SD/03/KPU/I/2021.

Hal ini dibenarkan Komisioner KPU Rejang Lebong, Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan Fahamsyah.

“Iya kita sudah mendapatkan salinan e-BRPK dari KPU Pusat, dan Pilkada di Rejang Lebong salah satunya yang tidak terdapat permohonan perselisihan hasil pemilihan yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi,” kata Faham.

Ditambahkan Faham, dengan telah diterimanya salinan e-BRP dari KPU Pusat tersebut maka KPU Rejang Lebong akan segera menjadwalkan Rapat Pleno penetapan hasil Pilkada yang telah dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 lalu.

“Besok (21/1) kita akan terlebih dahulu melakukan rapat internal untuk menentukan kapan akan dilaksanakanya Rapat Pleno penetapan Pasangan Calon Terpilih dalam Pilkada Rejang Lebong,” lanjut Faham.

Faham juga menyampaikan bahwa Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pilkada Serentak tahun 2020 tersebut paling lambat dilakukan 5 hari setelah Mahkamah Konstitusi mengeluarkan BRPK.

” Mudah mudahan pelaksanaan Pleno penetapan calon terpilih ini bisa dilaksanakan secepatnya. Secara aturan kita memiliki waktu untuk penetapan selama 5 hari setelah BRPK keluar, artinya kita memiliki waktu hingga tanggal 25 Januari 2021,” pungkas Faham.

Pilkada Rejang Lebong tahun 2020 sendiri diikuti oleh 4 pasang kontestan yakni M Fasial- Fatrolazi, Susilawati- Ruswan YR, Samsul Effendi- Hendara Wahyudiansyah dan pasangan M Fikri Thobari – Tarisisius Samuji.

Pasangan calon dari jalur perseorangan Samsul Efendi-Hendra Wahyudiansyah, mengungguli tiga pasangan lainya yang diusung partai politik pada Pilkada Rejang Lebong 2020.

Dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara Pilkada, Selasa (15/12/2020), pasangan Samsul Effendi- Hendra Wahyudiansyah memperoleh suara 43.540, sedangkan Paslon nomor urut 4 M. Fikri Thobari-Tarsius Samuji memperoleh 37.556 suara, disusul Paslon M. Faisal Manaf-Fatrolazi 32.094 suara dan Paslon Susilawati-Ruswan 31.610 suara. [Julkifli Sembiring]