PedomanBengkulu.com, Seluma – Launching sekaligus vaksinasi perdana dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Seluma, di Puskesmas Tais pada jum’at (15/1/2020). Vaksin produksi Sinovac disuntikkan kepada para pejabat dan tenaga kesehatan, oleh petugas yang sudah disiapkan.

Pejabat yang ikut dalam kegiatan vaksinasi diantaranya adalah Asisten III Setdakab Seluma Marhakidinata, Kapolres Seluma AKBP. Swittanto Prasetyo, Dandim Seluma Letkol CZI Agus Martahan Limbong, Kepala Dinkes Rudi Syawaludin, Direktur RSUD Tais dr. Wiwin Herwini dan beberapa pejabat serta tokoh lainnya.

“Saya sampaikan pak Bupati belum bisa datang hari ini karena memang sudah tergolong usia lanjut, diatas 60 tahun, dan juga sedang ada kegiatan lain, maka dari itu saya diminta untuk mewakilkan Bupati,” jelas Asisten III Setdakab Seluma, Marhakidinata.

Dalam pelaksanaan vaksinasi ini, peserta diminta untuk memberikan data pribadi terlebih dahulu, kemudian dilakukan pemeriksaan tensi darah dan pendataan riwayat penyakit. Setelah dilakukan pemeriksaan, peserta langsung disuntik vaksin dibagian lengan. Selanjutnya peserta yang disuntik diminta untuk menunggu selama 30 menit untuk observasi, dan baru mendapat kartu tanda vaksinasi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Seluma Ahmad Tavip menyatakan, seluruh peserta vaksinasi diminta untuk datang kembali dalam 14 hari kedepan untuk melakukan penyuntikan kedua.

“Pada 29 Januari 2021 mendatang peserta harus datang kembali untuk disuntik vaksin,” jelasnya.

Adapun Kabupaten Seluma mendapat 2.440 vial vaksin dari Dinkes Provinsi Bengkulu. Pada gelombang pertama ini, tenaga kesehatan serta tenaga pendukung sebanyak 1.285 orang diproritaskan untuk divaksinasi. [IT2006/ADV]