Pedomanbengkulu.com, Bengkulu Tengah – Pemanfaatan Dana Desa untuk memberikan atau menumbuhkan pendapatan desa terus diupayakan. Desa Air Napal kecamatan Bang Haji kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) melakukan pengukuran lahan untuk pembangunan loding atau tempat penimbangan kelapa sawit.

Dijelaskan kepala desa (Kades) Air Napal Reskan Arif kepada Pedomanbengkulu.com saat ditemui di lokasi Sabtu (16/01/2021), saat ini tim pendamping desa (PD) sedang melakukan pengukuran lahan unduk dibangunkan loding atau timbangan tempat penerimaan kelapa sawit. Yang nantinya akan diperuntukkan untuk pengelolaan Bungdes dan menyerap tenaga kerja lokal.

“Hari ini hanya pengukuran lokasi untuk penyerapan anggaran DD tahun 2021 ini.” jelas Arif.

Sementara untuk lahan yang akan dimanfaatkan nantinya Reskan Arif juga menjelaskan ukuran lahan yang diperlukan seluas 17×27 meter persegi. Di sana akan dibangun berbagai fasilitas loding seperti bangunan pos, pagar, sumur bor sebanyak 2 titik, perumahan loding atau bangunan untuk aktivitas loding nantinya dan listrik sebagai sumber penggerak aktivitas.

“Untuk perencanaan awal diperkirakan akan menelan anggaran DD sebesar 250 juta, namun untuk kelengkapan-kelengkapan lainnya akan disusun sesuai kebutuhan nantinya.” ungkap Kades Air Napal.

Reskan Arif berharap dengan dibangunnya loding kelapa sawit ini nanti dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat dan mempermudah masyarakat kecamatan Bang Haji dalam pendistribusian hasil pertanian yakni tandan buah segar (TBS) kelapa sawit milik warga.

“Kita berharap ke depannya dapat memulihkan perekonomian masyarakat dan besar harapan saya loding ini nanti yang dikelola bungdes dapat berkembang.” pungkasnya. [Hendri Suwi/ADV]