PedomanBengkulu.com, Seluma – Pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Kabupaten Seluma kembali dipastikan batal. Meski saat ini Pemkab Seluma sudah menyediakan lahan untuk pembangunan gedungnya, di kelurahan Selebar Kecamatan Seluma Timur sejak 2015 lalu. Batalnya pembangunan ini disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu Imam Jauhari.

Pembatalan ini disebabkan karena anggaran dari pemerintah pusat banyak dialihkan untuk penanganan Covid-19. Sehingga pembangunan Lapas/Rutan di Seluma belum menjadi prioritas.

“Memang sudah sejak lama direncanakan, tetapi karena ada dampak Pandemi Covid-19 maka belum bisa dilakukan pembangunannya tahun ini,” jelas Imam Jauhari usai kunjungan kerjanya di Sekretariat Daerah Kabupaten Seluma, Kamis (21/1/2021).

Imam menyatakan bila pandemi telah selesai, rencana pembangunan tersebut akan mulai dibahas kembali. Ia meminta Pemkab Seluma dapat bersabar menunggu pembangunan dapat dilakukan Kemenkumham.

“Jika pandemi ini sudah teratasi, maka pembangunan akan dilakukan, saat ini kita sama sama bersabar dulu dan mendukung pemerintah menanganani Covid-19,” jelasnya.

Bupati Seluma, Bundra Jaya, berharap agar pembangunan tersebut bisa dilakukan segera di Kabupaten Seluma, sehingga proses penagakan hukum dan pemasyarakatan dapat berjalan lebih baik.

“Kami dukung rencanana tersebut, dan harapan saya bisa segera dilakukan karena lahannya sudah kami sediakan,” jelasnya. [IT2006]