Sumber : intisari.grid.id

PedomanBengkulu.com, Seluma – Jam kerja di lembaga pemerintahan, tidak digunakan sebagai mestinya di salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Seluma. Pada selasa (26/1/2021) PNS di salah satu Dinas di Pemkab Seluma, terlihat sedang bermain kartu remi dan tidak bekerja seperti biasanya. Padahal saat itu jam masih menunjukkan pukul 10.46 WIB.

Dari pantauan wartawan di kantor dinas tersebut, permainan kartu song tersebut tidak hanya diikuti PNS dan staf di DLH. Permainan juga diikuti oleh Kepala Dinas dan sejumlah petinggi lainnya. Ini diketahui saat jurnalis berkunjung ke kantor, dan hendak mengkonfirmasi mengenai berita.

“Disini saja lah, tidak perlu ke ruangan,” ujar petinggi dinas tersebut saat menjawab pertanyaan jurnalis sembari bermain kartu.

Adapun secara disiplin PNS dilarang untuk melakukan aktivitas lain yang tidak berhubungan dengan pekerjaan, pada saat jam kerja atau jam dinas. Jam kerja tersebut sudah diatur dalam Keputusan Presiden nomor 68 tahun 1995. Jam kerja PNS adalah 37 jam 30 menit per minggu, baik pada enam hari atau lima hari kerja.

Satpol PP dapat melakukan penindakan terhadap PNS ‘nakal’ yang tidak bekerja pada saat jam dinas. PNS dapat diberi sanksi berupa teguran, hingga sanksi berupa penurunan pangkat dan pemberhentian, sebagai mana yang diatur dalam PP 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS. [IT2006]