PedomanBengkulu.com, Seluma – Vaksinasi gelombang pertama untuk seluruh tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Seluma, akan kembali belanjut pada senin (18/1/2021) besok setelah resmi dilaunching dan dimulai pada jumat (15/1/2021) kemarin. Ada total 1.285 tenaga kesehatan beserta pendukung yang akan divaksinasi, seperti yang sudah direncanakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Seluma.

“Sejak jumat kemarin memang sudah dimulai, tetapi dilakukan bertahap untuk seluruh nakes,” jelas Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Kabupaten Seluma, Ahmad Tavip saat dikonfirmasi (17/1/2021).

Adapun Dinas Kesehatan sudah menunjuk Puskesmas yang menjadi tempat vaksinasi, namun tidak seluruh Pukesmas di Kabupaten Seluma. Proses vaksinasi ini diharapkan dapat melindungi tenaga kesehatan, dari paparan Covid-19 saat menangani pasien.

“Lokasinya di Puskesmas Tais, Tumbuan, dan Muara Maras,” jelasnya.

Adapun sebelumnya pada jumat kemarin, sebanyak 20 orang telah menjalani vaksinasi perdana. Mereka merupakan pejabat diantaranya adalah asisten III, Kepala Dinkes, Kapolres, Dandim, Direktur RSUD Tais, dan pejabat dan perwakilan lainnya. Vaksin yang disiapkan pemerintah ini merupakan vaksin Sinovac kemudian disertifikasi melalui biofarma. Vaksin dipastikan halal dan aman oleh BPOM dan MUI. [IT2006]