PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Bengkulu pada April mendatang kembali menjadi tuan rumah kegiatan berskala Nasional, prestasi ini diraih atas perjuangan kontingen Bengkulu yang menghadiri Kongres III Ikatan Guru Indonesia (IGI) yang diselenggarakan secara virtual pada tangga 29 hingga 31 Januari 2021 lalu. Kongres III IGI tahun 2021 ini sendiri mengagendakan pembahasan AD ART, pemilihan ketua IGI dan beberapa rekomendasi kongres.

Hasil pemilihan ketua umum Ikatan Guru Indonesia Periode 2021-2025 adalah Danang Hidayatullah dari IGI DKI Jakarta dengan perolehan suara 219, Khairudin dari IGI Aceh yang juga Sekjend IGI periode sebelumnya memperoleh 182 suara, Pangeran Surian dari IGI Kalimantan Selatan 181 suara, Dr. Marjuki dari IGI Jawa Timur 132 suara, dan Jasmin dari IGI Sulawesi Tenggara memperoleh 1 suara. Pemilihan kali ini menarik, karena untuk pertama kali dilaksanakan secara online melibatkan hampir 800-an peserta kongres.

Setelah melalui pembahasan yang alot, tuan rumah Rapat Kerja Nasional tahun 2021 ditetapkan oleh presidium sidang yaitu Provinsi Bengkulu, peserta kongres memilih Bengkulu dengan menyisihkan beberapa kandidat potensial lainnya seperti Surabaya dan Bali. Sedianya Rakernas IGI akan digelar paling lambat bulan April tahun 2021 sesuai amanah kongres tersebut.

Saat dimintai keterangan Wakil Ketua IGI Wilayah Bengkulu, Mr Jarnawi, M.Pd mengucapkan rasa bangga kepada para anggota IGI Provinsi Bengkulu yang telah mensukseskan Kongres IGI 2021 dan berjuang dalam menunjuk Bengkulu menjadi tuan rumah Rakernas pasca Kongres tersebut.

“Kita mengucapkan selamat kepada ketua umum terpilih IGI yang baru Pak Guru Danang Hidayatullah, dan berharap kegiatan rakernas IGI di Bengkulu dapat terselenggara dengan baik dan sukses,” ujarnya, Jumat (12/02/2021).

Dalam persiapan yang dilakukan, IGI wilayah Bengkulu dan IGI Daerah Se-Provinsi Bengkulu telah menggelar koordinasi bersama, “kita akan bekerja bersama seluruh anggota IGI Bengkulu untuk mensukseskan Rakernas IGI 2021 dan berharap mendapat dukungan dan doa dari masyarakat Bengkulu,” ungkap Jarnawi yang juga DRB 2019 ini.

Terpisah, Sekretaris IGI Wilayah Bengkulu Feri Vahleka, S.Pd.Gr mengharapkan dukungan terutama dari pemerintah daerah dan seluruh masyarakat untuk kesuksesan penyelenggaraan Rakernas IGI kali ini.

“Rakernas IGI akan dihadiri oleh pengurus IGI dari seluruh penjuru Indonesia, tentunya ini memberi dampak positif bagi kemajuan Bengkulu,” katanya.

Menyikapi pandemi covid-19 ini yang belum mereda, “masih ada waktu untuk persiapan, dan kegiatan rakernas akan tetap mengikuti protokol kesehatan yang sesuai dengan aturan pemerintah.” lanjutnya.

IGI merupakan salah satu organisasi profesi guru yang sudah diakui pemerintah dan tercatat di Kementerian Hukum dan HAM. Sesuai dengan amanah Undang-Undang Guru dan Dosen bahwa guru wajib mengikuti organisasi profesi. IGI selama ini terlibat aktif dalam peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan dan workshop yang digelar, baik secara langsung maupun melalui kanal dan program IGI yang kontributif.

Dengan kegiatan Ikatan Guru Indonesia yang semakin masif dan rutin terlaksana, imbauan dan harapan juga disampaikan.

“Kedepan semoga tidak ada lagi intimidasi, bagi anggota IGI untuk melaksanakan kegiatan, mari fastabiqul khairot senantiasa menebar kebaikan sesuai dengan motto IGI sharing and growing together.” pungkasnya. [Rilis]