PedomanBengkulu.com, Bengkulu Tengah – Berbagi jenis macam hasil pertanian dari kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), membuat masyarakat Benteng kaya akan buah-buahan. Salah satunya di kecamatan Bang Haji yang mayoritas masyarakatnya sebagi petani baik bahan konsumsi langsung atupun bahan siap olah. Seperti sekarang ini yang sedang booming di tengah masyarakat, yakni kelezatan buah durian asli Sekayun Kecamatan Bang Haji yang banyak dicari para pencinta buah berduri yang beraroma wangi tersebut.

Salah satu pemilik kebun, Roike Novito (25) warga Desa Sungkai Berayun kecamatan Bang Haji yang kesehariannya sebagai petani, kepada Pedomanbengkulu.com Senin (15/02/2021) menjelaskan bahwa dirinya kewalahan setiap hari menerima pesanan para penjual yang sangat membludak hingga dirinya harus bekerjasama dengan keluarganya untuk memenuhi kebutuhan penjual eceran tersebut.

“Setiap paginya kita mengeluarkan buah durian masak lebih dari 200 buah, yang kita kita kumpulkan saat durian jatuh malam hari. Sementara yang jatuh pada siang hari biasanya habis dibeli penjual eceran yang langsung ke Kota Bengkulu.” ungkapnya.

Disisi lain Gusyadi selaku penjual eceran setiap tahunnya, saat dikonfirmasi juga menjelaskan hal yang sama, dirinya setiap hari menerima pesanan dari konsumen selalu tidak mencukupi. Karena durian dari kecamatan Bang Haji dikenal lezat, enak dan sangat alami tanpa ada proses pemeraman dan campuran bahan kimia.

“Dari daerah Sekayun ini sendiri ada beberapa jenis durian yang rata-rata memiliki kelezatan yang berbeda, ada durian yang isi Kuning (Tembaga), ada yang isinya putih susu dan ada juga yang isinya seperti kopi susu yang kita sebut durian isi kehitaman. Untuk isi kuning sendiri ada beberapa macam yang sangat yang menjadi incaran pencinta durian.” jelasnya.

Gusyadi juga menambahkan, untuk harga sendiri durian Sekayun sangat bersaing di pasaran. Yakni berkisar Rp25 ribu hingga Rp100 ribu per buahnya untuk kalangan lokal. Sementara untuk luar Bengkulu sendiri bisa mencapai harga Rp300 ribu per buah duriannya.

“Biasanya kita jual di harga Rp25 ribu untuk ukuran sedang tergantung harga kita beli ke kebun warga.” ujar Gusyadi.

Namun kepada konsumen Winda warga Kota Bengkulu, salah satu pembeli durian Sekayun sendiri saat ditanya Pedomanbengkulu.com juga menjelaskan sangat puas dan selalu mencari durian Sekayun tiap musimnya karena terkenal lezat dan mendapatkan kepuasan tersendiri bagi pencinta durian.

“Bagi yang sudah tahu durian Sekayun, pasti seperti saya sangat mencari dan berburu buah berduri tersebut. Karena rasanya itu sangat berbeda dengan daerah lain, lezat, enak dan duriannya juga sangat alami karena masak jatuh langsung dari pohonnya.” kata Winda. [Hendri Suwi]