PedomanBengkulu.com, Lebong – Puluhan pengusaha dan pekerja group musik, organ tunggal dan Karaoke Sound System, yang tergabung dalam Forum Entertainment Kabupaten Lebong. Senin (22/02/2021) siang, mendatangi Kantor DPRD Kabupaten Lebong. Kedatangan Forum Entertainment Kabupaten Lebong tersebut, mendesak pihak terkait agar mereka diperbolehkan untuk manggung dan kembali beraktifitas dalam setiap pesta pernikahan maupun hajatan lainnya.

Rombongan Forum Entertainment datang dengan sejumlah mobil, yang disiapkan sound system tersebut, perwakilannya diterima untuk hearing bersama Waka II DPRD Lebong Popi Anda, Ketua Komisi I Wilyan Bachtiar, Ketua Komisi II Ahmad Lutfi dan Ketua Komisi III Rama Chandra. Selanjutnya dalam hearing tersebut, juga dihadiri Plh Bupati Lebong Mustarani Abidin, Kabag Ops Polres Lebong AKP Rafenil Yaumil Rahman, Kasat Reskrim Iptu Didik Mujiyanto, Kasat Intelkam AKP Ngatmin.

Adapun aspirasi yang disampaikan Forum Entertainment tersebut, mereka meminta regulasi pelarangan mengunakan hiburan organ tunggal, musik dan sejenisnya dalam setiap hajatan untuk diperbolehkan kembali.

Ketua Forum Entertainment Kabupaten Lebong, Trio meminta Satgas Covid-19 Kabupaten Lebong memperbolehkan pihaknya kembali beraktifitas seperti biasa. Bahkan dirinya mempertanyakan kenapa hanya Kabupaten Lebong yang melarang acara menggunakan hiburan. Sedangkan di Kabupaten lain memperbolehkan hajatan menggunakan hiburan musik Organ Tunggal.

“Kenapa hanya Kabupaten Lebong yang melarang?, di Kabupaten lain bahkan zona merah, hiburan organ tunggal dalam hajatan diperbolehkan,” ungkap Trio Allan.

Hal yang sama juga disampaikan Sisko Libra, ada tagihan yang harus mereka bayarkan ke Bank. Kemudian ada banyak keluarga yang selama ini, hidup bergantung mengais rezeki dalam group musik, organ tunggal dan Karaoke Sound System. Pihaknya merasa pelarangan hiburan di hajatan masyarakat, lebih dari tiga bulan menutup rezeki mereka.

“Tapi kenapa di Rumdin Bupati boleh acara hiburan?, saya sudah dua kali dipanggil mengisi acara di Rumdin Bupati. Pertama acara penyambutan Kapolda dan yang kedua acara perpisahan Bupati, yang dihadiri pejabat-pejabat dan Kapolres Lebong juga ada. Tapi foto-foto dan videonya tidak boleh di-share” sampai Sisko.

Menanggapi apa yang disampaikan Forum Entertainment Lebong tersebut, Ketua Komisi I DPRD Lebong Wilyan Bachtiar menyampaikan pihaknya siap memperjuangkan aspirasi daripada Forum Entertainment Kabupaten Lebong.

“Kami dari DPRD Lebong besok rapat dengan Satgas Covid-19, untuk mengambil keputusan diperbolehkan atau tidaknya (hajatan,red) pakai hiburan di Kabupaten Lebong. Seandainya keputusan dari satgas melarang hiburan organ tunggal, maka kami sebagai wakil rakyat Kabupaten Lebong dengan sendirinya harus bertentangan dengan Satgas dan kami tetap meminta memperbolehkan hiburan organ tunggal,” kata Wilyan.

Dilanjutkan Wilyan, pihaknya tetap berharap hasil keputusan tim Satgas Covid-19 Kabupaten Lebong nantinya, hiburan organ tunggal di kabupaten Lebong kembali diperbolehkan. Tentunya dengan aturan ketat Protokol kesehatan.

“Mudah-mudahan besok keputusan clear, tanpa melangkahi aturan yang ada, kami ingin hiburan organ tunggal kembali bisa dilaksanakan,” demikian Wilyan.

Menariknya selesai mengikuti Hearing, Waka II DPRD Lebong Popi Anda, Ketua Komisi I Wilyan Bachtiar, Ketua Komisi II Ahmad Lutfi dan Ketua Komisi III Rama Chandra. Menemui barisan Forum Entertainment Kabupaten Lebong, yang menunggu diparkiran Kantor PMI Lebong. Dalam kesempatan tersebut, kembali disampaikan bahwa anggota DPRD Lebong siap memperjuangkan aspirasi mereka dan tetap mendukung upaya yanh diperjuangkan Forum Entertainment Kabupaten Lebong.

Meskipun belum ada keputusan yang diambil, Forum Entertainment Kabupaten Lebong yang sebelumnya berniat bertahan, akhirnya mau membubarkan diri. Namun pihaknya berjanji, jika keputusan tidak berpihak kepada mereka. Forum Entertainment Kabupaten Lebong akan kembali membawa massa yang lebih banyak. [Supriyadi]