PedomanBengkulu.com, Bengkulu – BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK kantor cabang Bengkulu terus berupaya dalam mendukung kebijakan pemerintah guna penanganan pandemi virus Corona atau Covid-19 di Indonesia. Salah satunya dengan konsisten memberikan pelayanan yang prima dengan metode pelayanan tanpa kontak fisik (Lapak Asik).

Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Bengkulu, M. Imam Saputra menyampaikan bahwa pelayanan prima tetap menjadi yang utama kepada peserta walaupun di situasi pandemi covid-19.

“Kami berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan prima kepada peserta di tengah pandemi virus Corona ini. Sejak kebijakan layanan Lapak Asik diterapkan BPJS Ketenagakerjaan Bengkulu telah memproses sebanyak 4860 klaim secara online dan 1468 klaim secara onsite,” ucapnya, Selasa (23/2).

Imam menambahkan bahwa Lapak Asik terdiri dari kanal online, offline, dan kolektif. Dari ketiga kanal yang disediakan tersebut, online menjadi sarana yang paling banyak digunakan oleh peserta yakni mencapai 80% dari total pengajuan yang dilakukan.

“Sebab dengan menggunakan Lapak Asik online peserta dapat melakukan proses klaim tanpa harus datang ke kantor cabang, peserta cukup menunggu proses konfirmasi yang akan dilakukan oleh petugas BPJAMSOSTEK melalui panggilan telepon atau video,” jelasnya.

Kendati demikian, peserta tetap harus mengikuti prosedur yang berlaku untuk menghindari pihak yang tidak bertanggung jawab yang bisa saja memanfaatkan momen ini untuk melakukan tindakan fraud dan menyalahi hukum dan ketentuan yang berlaku.

Sependapat dengan apa yang telah disampaikan oleh M. Imam Saputra sebagaimana tersebut diatas, Dedi Suhendi, salah satu peserta BPJS Ketenagakerjaan di Kota Cirebon dalam video testimoninya mengaku sangat puas dengan pelayanan yang telah diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bengkulu saat dirinya melakukan klaim melalui kanal online Lapak Asik.

Ia mengatakan sejauh ini ia tidak menerima permasalahan di dalam pelayanan. Justru ia mengapresiasi pelayanan super cepat yang dinilai sangat baik olehnya.

“Pelayanannya sangat ramah, baik dan benar-benar membantu, intinya proses klaim melalui Lapak Asik ini sangat mudah,” tutur Dedi Suhendi.

Untuk diketahui, Informasi lebih lanjut mengenai pelayanan BPJAMSOSTEK atau terkait Protokol Lapak Asik, peserta dapat menghubungi Layanan Masyarakat 175, atau melalui situs resmi www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan akun resmi BPJAMSOSTEK di Facebook BPJS Ketenagakerjaan atau Twitter @bpjstkinfo atau akun Youtube BPJS Ketenagakerjaan youtube bit.ly/LAPAKASIK.

Adapun tahapan pengajuan klaimnya, yaitu, melakukan registrasi melalui Aplikasi BPJSTKU atau situs antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id, memilih tanggal, waktu pengajuan, dan kantor cabang yang masih tersedia, serta melakukan scan atau pindai semua dokumen yang dipersyaratkan, termasuk formulir klaim JHT yang sudah terisi lengkap, lalu kirimkan dokumen tersebut melalui email kantor cabang tujuan yang dipilih. [Kucir.06]