PedomanBengkulu.com, Seluma – Kegiatan organisasi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di Kabupaten Seluma tahun ini dipastikan tidak dilaksanakan. Ini disebabkan oleh anggaran yang tidak tersedia, karena tidak disetujui pada pembahasan di APBD 2021 lalu. Hal ini disampaikan Kepala Disperindagkop UKM Kabupaten Seluma, Mulyadi (1/3/2021).

Dekranasda biasanya melakukan pembinaan terhadap pengusaha kerajinan, hingga melaksanakan pameran kerajinan masyarakat pada event event tertentu.

“Kami pastikan tidak ada kegiatan Dekranasda tahun ini, karena memang anggarannya tidak tersedia pada APBD 2021,”

Mulyadi menyatakan, pihaknya sudah mengajukan anggaran pada saat pembahasan anggaran akan dilakukan pada tahun lalu, namun anggaran tersebut tidak disetujui.

“Sudah kami ajukan angaran sebesar Rp. 200 juta berikut dengan rancangan item anggarannya, tetapi tidak disetujui pada pembahasan APBD tahun kemarin,” katanya.

Tak hanya anggaran untuk kegiatan Dekranasda, anggaran kegiatan lainnya pada Disperindagkop UKM Kabupaten Seluma juga tidak tersedia. Sehingga tidak ada kegiatan apapun yang akan dilaksanakan dinas tersebut di 2021.

“Tidak ada anggaran kegiatan lain, yang hanya ada anggaran rutin untuk kantor,” jelasnya. [IT2006]