PedomanBengkulu.com, Seluma – Desa Pandan kecamatan Seluma Utara, akan dibangun dan dibentuk menjadi desa Wisata. Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Seluma berencana untuk membangun sarana prasarana di desa Pandan, untuk dijadikan desa wisata kuliner.

Sekretaris Disparora Kabupaten Seluma, Herman Suyadi (8/3/2021) mengatakan, desa Pandan dipilih karena lokasinya yang masih alami, dan terdapat pemandangan berupa persawahan dan sungai.

“Jadi aksesnya cukup dekat dengan ibukota Kabupaten. Rencannya akan mengembangkan wisata sebagai desa wisata, yang kami unggulkan adalah kuliner. Harapan kami dengan adanya lokasi wisata tersebut, bisa menjadi tempat mengenalkan makanan khas Seluma ini,” jelasnya.

Herman mengatakan, pembangunan sarana wisata kuliner di Desa Pandan direncanakan mulai dilakukan pada 2022 mendatang. Pembangunan belum bisa tahun ini karena belum dianggarkan.

“Akan kami usahakan melalui anggaran tahun depan (DAK), tetapi desa berencana untuk menganggarkan menggunakan Dana Desa mereka sendiri,” jelasnya.

Tak hanya melakukan pembangunan, Disparpora juga berencana untuk mempromosikan pembangunan terebut ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang rencananya akan berkunjung ke Bengkulu.

“Kami dapat informasi bahwa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, akan datang mengunjungi seluruh daerah wisata di Sumatera. Untuk di Bengkulu, Disparpora Seluma akan berupaya mengajak kunjungan tersebut dilakukan di Seluma, tepatnya di desa Pandan,” jelasnya. [IT2006]