PedomanBengkulu.com, Seluma – Warga desa Lunjuk kecamatan Seluma Barat kabupaten Seluma, memiliki tradisi setiap tahun untuk menangkap ikan secara bersama sama, di rawa besar di desanya. Warga mulai dari pria, wanita, hingga anak anak menangkap ikan bersama sama, menggunakan alat tangkap berupa tangguk pada Kamis (4/3/2021).

Warga yang terjun langsung ke dalam rawa tidak ragu untuk bermain air dan lumpur, demi mendapatkan berbagai jenis ikan. Hasilnya warga berhasil mendapatkan ikan dengan berbagai ukuran dan jenis, untuk kemudian dibawa pulang.

Kepala Desa Lunjuk, kecamatan Seluma Barat, Pengki Suwito menyatakan, aktivitas menangkap ikan ini merupakan tradisi di desanya setiap tahun. Adapun ikan yang terdapat di rawa merupakan iklan liar, maupun sengaja benihnya ditebar di rawa.

“Ada berbagai ikam, mulai dari ikan gabus, palau, hingga nila. Biasanya ini kami laksanakan menjelang lebaran, tetapi karena rawa ini akan kami bangun dan percantik maka tahun ini kami percepat,” jelasnya.

Pengki menambahkan, nantinya rawa tersebut akan dipercantik dengan diperdalam, dan kemudian dibangun lahan parkir di sisi jalan.

“Tujuannya dibangun lebih bagus lagi agar bisa menjadi lokasi wisata, dan meningkatkan pendapatan desa,” jelas Pengki.

Aktivitas menangkap ikan secara massal tersebut menjadi tontonan warga setempat, maupun pengendara yang sedang melintas. [IT2006]