Erlina

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Salah satu ahli waris di TPU taman bahagia yang makam keluarganya telah dipindahkan yakni atas nama Erlina. Ia menyambut baik rencana Pemkot untuk melakukan pemindahan makam.

“Kalau saya pribadi sangat mendukung rencana Pemkot dalam pemindahkan makam ini. Tentu dibalik ini semua, pemerintah punya niat yang baik untuk pengembangan kota agar tidak tertinggal dengan daerah lainnya. Karena menurut saya masyarakat harus bersinergi dengan pemerintah untuk memajukan kota ini,” jelas Erlina saat diwawancara, Sabtu (6/03/2021).

Erlina menjelaskan bahwa makam suaminya telah dipindahkan minggu lalu ke makam dekat kediamanya, dengan alasan agar mudah dikunjungi. Proses pemindahan didampingi langsung pihak Dinsos dari pembongkaran hingga pemindahan.

Sebelum pernyataan ini, menjawab pertanyaan yang dilayangkan ke Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bengkulu dari Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia Wilayah Bengkulu (PGIW-Bengkulu) terkait proses pemindahan tempat pemakaman umum (TPU) taman bahagia Kota Bengkulu.

Jumat (6/03/2021), Dinsos bersama Kabag Pemerintahan Pemkot Bengkulu Dani, Camat Selebar Sehmi dan perwakilan tokoh agama se-Kota Bengkulu menghadap Walikota Bengkulu Helmi Hasan membahas terkait proses pemindahan TPU taman bahagia.

Adapun pertanyaan tersebut ialah :
1. Kebenaran dari informasi yang beredar tentang pemindahan TPU taman bahagia
2. Jika informasi tersebut benar apa konsiderasi pelaksanaan pemindahan TPU taman bahagia
3. Jika benar sedang berjalan proses pemindahan TPU taman bahagia, sudah sejauh mana progress pelaksanaanya

Menyikapi hal tersebut, Walikota Bengkulu diwakili Plt Kadinsos Joni Erwan menyambut aspirasi perwakilan PGIW-Bengkulu yang diwakili oleh Pendeta Edwar dan Yulianus terkait pemindahan TPU taman bahagia.

“Terkait rencana pemindahan ini, kita (Dinsos) saat ini masih melakukan mediasi terhadap beberapa ahli waris untuk mendapatkan persetujuan melakukan pemindahan,” ujar Joni.

Dikarenakan ada ahli waris pemakan TPU Islam dan kristen pada TPU taman bahagia tersebut, Dinsos mengajak beberapa perwakilan tokoh agama menemui Walikota Bengkulu untuk membahas terkait proses pemindahan.

“Kita sudah sampaikan rencana kita ini, kemarin para tokoh agama bersama Camat Selebar, Kabag Pemerintahan menghadap Walikota. Disini pak Walikota meminta para tokoh agama untuk menyampaikan hasil diskusinya dengan Walikota kepada para jamaahnya terkait penjelasan pemindahan TPU dari Air Sebakul ke TPU merah putih di bentiring permai,” tuturnya. (***)