PedomanBengkulu.com, Seluma – Pemerintah Pusat telah mengeluarkan edaran terkait pelarangan mudik dalam rangka hari raya Idul Fitri tahun ini. Seluruh masyarakat termasuk PNS, dilarang untuk bepergian ke luar kota mulai dari 6 sampai dengan 17 Mei 2021. Pemkab Seluma saat ini terus berkoordinasi terkait penerapan edaran tersebut, jelang dimulainya bulan ramadhan.

Bupati Seluma, Erwin Octavian menyatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima surat dari pemerintah pusat, terkait pelarangan mudik.

“Sampai sekarang belum kami terima tembusat suratnya dari pemerintah pusat, nanti kita lihat bagaimana aturan lengkapnya,” jelasnya, Selasa (6/4/2021).

Kendati demikian Erwin menyatakan Pemkab Seluma siap mengikuti edaran dari pemerintah pusat, khususnya dalam rangka pencegahan penularan Covid-19. Ia mengatakan seluruh lapisan masyarakat termasuk PNS harus berpartisipasi dalam pencegahan Covid-19.

“Tentu kalau pemerintah pusat telah membuat edaran, pemerintah daerah wajib mengikuti, dan menerapkan itu,” jelasnya.

Adapun beberapa pemerintah daerah di Bengkulu sudah menuruti edaran dari pemerintah pusat, dengan mengeluarkan imbauan tak keluar kota selama masa mudik. PNS hanya diperbolehkan mudi ke luar kota atau kabupaten dalam Provinsi Bengkulu. (IT2006)