Tentang Kami

Posted By pedomanbengkulu.com On Sabtu, September 19th, 2015 With 0 Comments

Sekilas Pedoman Bengkulu

Setiap media informasi di negeri ini selalu menyebut dirinya sebagai pewarta kebenaran. Namun, kebenaran buat siapa? Untuk itu kami www.pedomanbengkulu.com hadir menjadi penyuluh kebenaran buat rakyat umum.

Disetiap ruang sosial dan kehidupan maka rakyat umum yang jadi pilar penentu. Demokrasi dan masa depan ditentukan oleh suara mayoritas rakyat. Para petani, nelayan, buruh, supir, pelajar, guru, pegawai, dan pedagang kecil merupakan lapisan mayoritas rakyat Indonesia.

Rakyat umum diberi tempat istimewa di dalam pemberitaan media ini. Dan ini  menjadi pembeda dengan kebanyakan situs berita arus utama di Indonesia. Bila media arus utama lebih tertarik pada ‘kalangan atas’ maka berita kami terpikat pada ‘kalangan bawah’.

Kami memandang bahwa rakyatlah pionir perubahan sosial. Karenanya, kami membangun media pers yang dapat mengangkat kehidupan mereka, mengupasnya, menginspirasi, menghibur, mendidik, dan menggerakkan perubahan dan kesadaran rakyat.

Semboyan rakyat atau kerakyatan adalah jantung pers kami atau benchmark kami. Istilah kerakyatan ini diambil dari pemikiran founding fathers, Bung Hatta. Dalam Daulat Ra’jat, 10 Januari 1932, ia menulis:

“Kerakyatan mengandung arti bahwa kedaulatan ada pada rakyat. Segala Hukum (Recht, peraturan-peraturan negeri) haruslah bersandar pada perasaan keadilan dan kebenaran yang hidup dalam hati rakyat banyak, dan aturan penghidupan haruslah sempurna dan membahagiakan rakyat kalau ia berdasarkan kedaulatan rakyat”.

Pandangan tentang kerakyatan merupakan detak kehidupan jurnalistik media ini atau apa yang kami sebut sebagai Jurnalisme Kerakyatan. Ini adalah karakter dari media kami untuk mengajak pembaca luas yang semakin cerdas, kritis dan beragam (kompetitif).

Kami menginsafi bahwa pers memegang tanggung-jawab kolektif atas harapan orang-orang dan masa depan, dan ini adalah tugas yang dipikul pers kami; menjadi penyambung lidah rakyat untuk mewujudkan cita-cita kerakyatan.

Sikap tersebut merupakan wujud keberpihakan dan kami secara terus terang berpihak. Membela hak dan kepentingan rakyat umum artinya membela kebenaran. Inilah fungsi pers: memperjuangkan keadilan dan kebenaran sesuai Pasal 33 Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Kami ingin berperan positif dalam penyajian opini publik yang sehat, segar, kritis dan membangun. Kami ingin menyajikan berita yang berkualitas, dimana fakta-fakta ditulis dengan renyah, tajam, cerdas, ringan, jernih, jenaka dan ilmiah.

Banyak warna kehidupan rakyat yang akan diulas dan diberitakan dalam rubrikasi kami. Sumber informasi yang kami hadirkan tidak hanya berita dalam bentuk teks, namun juga foto, gambar dan video. Untuk gambar secara khusus kami sediakan infografik yang bersifat edukatif, kritik, sosial dan kepahlawanan.

Kami mengajak Sdr(i) semua untuk berpartisipasi menjadi kontributor atau responden dengan mengirim tulisan, opini, komik, video, ke alamat email redaksi: pedomanbengkulu@gmail.com. Ini merupakan usaha kami untuk membangun daerah dan masa depan rakyat yang lebih baik. Untuk rakyat Bengkulu hanya ada satu pedoman: Pedoman Bengkulu.