BENGKULU – SD Negeri 79 yang terletak di jalan Sungai Rupat Pagar Dewa Bengkulu ternyata tidak hanya memiliki banyak prestasi di bidang akademik saja. Namun prestasi dibidang non-akademik juga patut diacungi jempol dan layak dijadikan sebagai panutan bagi sekolah lain yang ada di Provinsi Bengkulu, Rabu (23/9).

Sebab, raihan prestasi yang pernah dicapai oleh sekolah yang dipimpin oleh Sri Hartini, S.Pd,MM ini ternyata tidak hanya level kota, provinsi maupun nasional saja. Namun sudah sampai ke level internasional dengan sering mewakili Indonesia pada ajang Sea Games dengan cabang lomba Senam Artistik yang menjadi andalannya.

Guru olahraga yang sekaligus menjabat sebagai pelatih Senam Artistik SD Negeri (SDN) 79 Kota Bengkulu KGS. Isa, S.Pd mengatakan, sekolah yang diasuhnya itu merupakan tempat pusat pelatihan Senam Artistikuntuk sekolah yang ada di Provinsi Bengkulu.

“Untuk di Bengkulu sendiri, setahu saya kini masih eksis ekstrakulikuler (eskul) Senam Artistik Cuma di SDN 79 ini,” ujar Isa, kemarin.

Diceritakan Isa, siswa-siswi SDN 79 binaannya yang mengikuti eskul Senam Artistik telah melanglang buana mengikuti berbagai even perlombaan. Baik itu di level kota, provinsi, nasional hingga internasional.

“Selain sering mengikuti agenda lomba PON dan O2SN tingkat nasional, siswa kami yang mengkuti eskul Senam Artistik ini juga pernah mengikuti agenda Sea Games. Seperi Sea Games di Tahiland. Bahkan pernah juga ikut perlombaan di China dan Jepang,” terang pria yang telah memiliki lisensi pelatih Senam Artistik internasional ini.

Dijelaskan Isa, Senam Artistik merupakan satu jenis senam yang sangat populer di ajang olimpiade olahraga. Senam Artistik adalah sebgaia senam yang menggabungkan aspek tumbling dan akrobatik untuk mendapatkan efek-efek artistis dari gerakna-gerakan yang dilakukan pada alat-alat. Alatnya seperti, meja lompat, lantia (matras), kuda-kuda pelana, dll. Seorang pesenam biasnaya diberikan waktu 30 hingga 90 detik untuk melakukan rangkaian gerakan singkat untuk setiap alat yang berbeda.

“Kalau Sdn 79 latihannya rutin seminggu tiga kali (Senin, Rabu dan Jumat). Saya berharap kedepan pemerintah daerah dapat lebih memperhatikan nasib perkembangan olahraga Senam Artistik ini. Nama Bengkulu dapat terangkat di tingkat nasionla dan internasional. Salah satunya melalui Senam Artistik ini. Sebab, selama ini kendala di fasilitas saran dan prasaranapenunjang pelatihan. Karena pelajar Bengkuluberpotensi menjadi atlet nasional. Seperti Azhari, mantan atlet Senam Artistik yang sekarang menjadi pelatih Senam Artistik di Surabaya, Jawa timur,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala SND 79 Kota Bengkulu, Sri Hartini, S.Pd,MM mengatakan, semua prestasi gemilang yang pernah dicapai oleh siswa-siswinya itu berkat kerjasama seluruh pihak. Baik itu dewan guru, orang tua walimurid, masyarakat sekitar sekolah, dll.

“Prestasi ini akan kami jadikan sebagai motivasi untuk lebih meningkatkan prestasi di masa yang akan datang,” tegas Sri. (Sumber; Radar Bengkulu)