12319392_1529883274000253_419230194_nBENGKULU, PB – Para pelajar tingkat SLTP dan SLTA se Kota Bengkulu berpartisipasi dalam kegiatan Duta Anti Tembakau. Mereka ikut serta mensosialisasikan dan mengajak masyarakat kota untuk mejauhi rokok.

Kegiatan Duta Anti Tembakau ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 51 yang jatuh pada hari ini, Sabtu (28/11/2015).

Dalam acara tersebut, puluhan remaja tersebut turut memberikan sosialisasi tentang bahaya merokok. Koordinator Duta Anti Tembakau Kota Bengkulu, Alvin Resyadi Darma Putra menjelaskan kandungan zat adiktif yang ada di dalam rokok.

“Ada tiga senyawa berbahaya yang terdapat dalam rokok, diantaranya nikotin, tar (bahan pembuat aspal) dan karbonmonoksida. Ketiga unsur tersebut merupakan sumber penyakit kanker paru-paru yang banyak diderita oleh pecandu rokok,” katanya kepada Pedoman Bengkulu.

Selain dampak pada kesehatan seseorang, rokok juga mempunyai implikasi pada mental dan ekonomi bagi pecandunya, apalagi bagi remaja yang belum berpenghasilan alias masih sekolah. Ia menghimbau kepada masyarakat, khususnya rekan sebayanya untuk berhenti merokok.

“Contohkan saja, bila harga rokok perbatang itu Rp 1.000 dan setiap hari perokok menghisap 10 batang maka uang yang harus dikeluarkan selama sebulan adalah Rp 300 ribu. Setiap bulan kita mengeluarkan uang banyak untuk membeli racun,” tegasnya.

Alvin bersama Duta Anti Tembakau lainnya mengajak kepada remaja untuk aktif dalam kegiatan yang positif bagi perkembangan diri dan mental. Ia berharap orang tua dapat membantu mengatasi masalah anak yang telah menkonsumsi rokok.

“Saran kami banyak-banyaklah terlibat dalam kegiatan positif, yang tak kalah penting orang tua jangan merokok, sebab biasanya anak-anak meniru kebiasaan orang tua sehingga terdorong melakukan hal sama. Semoga kedepan kita bisa menjadikan negeri indonesia ini bebas dari asap rokok,” terang sisiwa SLTP Negeri 1 Kota Bengkulu itu.

Puluhan pelajar ini juga juga membagikan bunga dan selebaran tentang bahaya rokok bagi kesehatan kepada pengunjung dan masyarakat umum.

Dalam acar tersebut, tampak hadir Wakil Walikota Bengkulu Patriana Sosialinda, Sekda Kota Bengkulu Marjon, Ketua Komisi I DPRD Kota Bengkulu Maghdaliansi Lian, dan Kepala Dinas Kesehatan kota Bengkulu Herwan Antoni. [MS]

12319578_1529883320666915_1906540041_ddddd