Black Campign (Foto RRI)
Black Campign (Foto RRI)

BENGKULU, PB – Sebanyak 100.600 eksemplar Koran Bengkulu yang diduga berisi kampanye hitam (black campaign) terhadap pasangan kandidat Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti- Rohidin Mersyah diamankan pihak Mapolda Bengkulu, Senin (2/11/2015).

Ratusan ribu koran dan 1 bus pembawa koran tersebut diamankan setelah ada aduan dari tim pendukung RM bahwa ada koran ‘kampanye hitam’ yang dibawa oleh 1 unit bus yang melintas di wilayah Kabupaten Rejang Lebong.

Kapolda Bengkulu,M. Ghufron yang berada di lokasi pengamanan di halaman Gedung Reskrim Polda Bengkulu mengatakan, akan mengamankan koran tersebut terlebih dahulu untuk dilakukan investigasi.

“Ada 100.600 eksampler Koran Bengkulu dan 1 eksampler ada 12 halaman. Ini Diamankan karena ada laporan dan keberatan dari satu pihak,” katanya kepada Pedoman Bengkulu.

Lanjutnya,  dengan aduan dan temuan koran tersebut pihak Polda akan melakukan investigasi dan meminta klarifikasi terhadap pihak penerbit. (Baca juga: Sebarkan Pesan Kebencian Bisa Dipidana).

“Kita akan investigasi nanti baru ditentukan ini masalahnya siapa apakah ke Bawaslu apakah Dewan Pers. Nanti diklarifikasi kepada pihak penerbit. Untuk sementara kita amankan,” tegas Ghufron.

Menyikapi hal itu, tim kampanye Pasangan Ridwan Mukti- Rohidin Mersyah, Usin Sembiring mengatakan menyerahkan sepenuhnya persoalan black campaign tersebut kepada pihak kepolisian. (Baca juga: Surat Edaran Polri Sehatkan Demokrasi)

” Tinggal kita tunggu sikap kepolisian atas barang bukti itu ? Akankah Polda Bengkulu menerapkan surat Edaran yang sudah diterbitkan Kapolri Nomor SE/6/X/2015 tentang penangan ujaran kebencian ? ” Ungkap usin. [MS]