Eddyson 1BENGKULU, PB – Guna menunjang keberhasilan program Dana Bergulir Satu Miliar Satu Kelurahan (Samisake), Dinas Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Menengah Kota Bengkulu akan membangun klinik konsultasi usaha. Klinik ini akan berfungsi sebagai lembaga konsultan sekaligus pendampingan bagi warga kota yang ingin membuka usaha.

(Lihat juga: BLUD dan Perda Samisake Bisa Tuntas Berbarengan)

“Ini program prioritas kita di tahun 2016. Klinik ini akan diisi oleh tenaga-tenaga handal dan profesional dari para pelaku usaha, akuntan, perbankkan, hingga akademisi. Mereka sudah sukses dan teruji sehingga pengalaman dan pengetahuan yang mereka berikan bisa dijadikan sebagai rujukan dan tidak lagi diragukan,” kata Kepala Dinas Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Menengah Kota Bengkulu, Eddyson, kepada Pedoman Bengkulu, Sabtu (14/11/2015).

Warga yang berkonsultasi di klinik ini, lanjut Eddyson, bakal didampingi hingga mampu mengelola usahanya berkembang dan maju. Bantuan itu bukan hanya berbentuk teoritis, namun juga dalam segi praktis seperti manajemen keuangan, pengemasan produk, hingga pemasaran.

“Misalnya ada yang mau buka sablon. Nanti yang mendampingi adalah orang yang memang sukses dalam dunia penyablonan. Bisa jadi dari Dagadu Jogya. Ia akan membantu warga kita mengemas ciri khas Bengkulu dalam setiap produk yang akan disablon. Dampingan ini akan berakhir ketika warga kita sudah mandiri,” terangnya.

“Tidak semua usaha akan disetujui oleh klinik konsultasi bisnis. Kalau seandainya ada yang ingin buka usaha warung, nanti konsultan kita akan memberikan rekomendasi warung apa yang harus dibuka, di lokasi mana
sebaiknya dibangun, dan sebagainya. Jadi bisnis yang dijalankan warga kita itu bukan bisnis yang sifatnya ikut-ikutan. Tapi sudah melalui kajian yang matang,” imbuhnya.

(Lihat juga: Perumahan Rakyat Bisa Dibayar Pakai Samisake)

Eddyson menambahkan, klinik konsultasi bisnis ini akan dibuka di Kantor Dinas Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Menengah Kota Bengkulu. Lembaga ini akan menjadi perpanjangan tangan dari Dinas Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Menengah Kota Bengkulu dalam menjalankan program-program Pemerintah Kota. [Rudi Nurdiansyah]