Irman GusmanBENGKULU, PB – Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) direkomendasikan untuk turun tangan dalam mengawal dan mengawasi proses pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar secara serentak 9 Desember 2015.

Rekomendasi tersebut tertuang dalam surat DPD RI dengan nomor DN.150/17/DPD/X/2016 tertanggal 29 Oktober 2015 yang ditandatangani langsung oleh Pimpinan DPD RI Irman Gusman.

Surat ini ditujukan kepada Ketua KPU Pusat dan ditembuskan kepada seluruh pimpinan dan anggota DPD RI, Ketua Bawaslu RI, Gubernur dan Ketua Formkopimda se-Indonesia.

“Guna menunjang agar pelaksanaan pesta rakyat ini berkualitas, maka seluruh anggota DPD RI membentuk desk pengawasan Pilkada,” kata anggota DPD RI daerah pemilihan Bengkulu, Riri Damayanti John Latief kepada Pedoman Bengkulu, Senin (7/12/2015).

Dengan dibentuknya desk Pilkada ini, lanjut Riri, setiap pasangan calon, penyelenggara pemilu serta seluruh elemen masyarakat dapat melaporkan dugaan dan temuan adanya penyimpangan penyelenggaraan pemilu yang tidak sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Semua laporan akan kami sampaikan langsung kepada pihak yang berwenang untuk diproses lebih lanjut. Semoga Pilkada 9 Desember 2015 nanti dapat merubah kehidupan rakyat Indonesia menjadi jauh lebih baik dari sekarang,” tutup Riri. [Revolusionanda]