22222BENGKULU,PB- Jika tidak ada aral melintang, maka pada hari Senin (21/12/2015) nanti, KPU akan menetapkan pasangan Ridwan Mukti – Rohidin Mersyah sebagai pemenang Pilkada priode 2015-2020.

Baca juga: Ridwan Mukti Unggul Versi Quic Count dan Ridwan Mukti Resmi Menangkan Pilkada Bengkulu

Pengumuman ini disampaikan berdasarkan hasil rapat Pleno Rekapitulasi akhir perolehan suara di tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu yang telah selesai perhitungan.

“Pasangan nomor urut 1, Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah keluar sebagai pemenang, kalau berjalan lancar dan tidak ada gugatan maka hanya dalam waktu tiga hari KPU akan menetapkan gubernur dan wakil gubernur terpilih,” Kata Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra kepada Pedoman Bengkulu, Jumat (18/12/2015).

Rekapitulasi hasil penghitungan suara tersebut digelar di Hotel Santika Kota Bengkulu. Proses tersebut dikawal ketat oleh pihak kepolisian dan Brimob Bengkulu.

Berdasarkan hasil perhitungan suara pasangan Ridwan Mukti-Rohidin mendapatkan perolehan suara sebanyak 517.190 suara, unggul dari pesaingnnya Sultan Bachtiar Najamuddin- Mujiono yang hanya memperoleh 384.339 suara.

Dengan hasil tersebut membuktikan baik hasil perhitungan cepat (quic qount) yang dilakukan lembaga survei dan perhitungan cepat yang dilakukan KPU (real count) tidak ada perbedaan signifikan. RM tetap unggul diatas 57 persen suara.

Dari hasil rekapitulasi akhir, Ridwan Mukti- Rohidin Mersyah menang di delapan kabupaten yakni Bengkulu Tengah, Kaur, Kepahiang, Bengkulu Selatan, RejangLebong, Kota Bengkulu, Bengkulu Utara dan Lebong. Sementara rivalnya, Sultan Bachtiar Najamuddin – Mujiono hanya menang di Kabupaten Seluma dan Mukomuko.

Mesiki demikian, rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara diwarnai aksi walk out dari Paslon Gubernur-Wakil Gubernur Sultan Bachtiar Nadjamuddin-Mujiono. [MS]