IST - Anggota DPD RI Riri Damayanti saat mengunjungi Kandangmas AgrosariBENGKULU, PB – Anda jenuh dengan suasana kota yang padat dan penuh dengan tembok? Kandangmas Agrosari mungkin bisa menjadi tempat alternatif anda melepas kejenuhan. Agrowisata di pinggiran Kota Bengkulu milik Ade Dharma Putra ini merupakan wahana penyelamatan lingkungan yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat, teknologi agroindustri dan renewable energy.

“Provinsi tetangga sudah ada yang berkunjung ke agrowisata pertama di Kota Bengkulu ini. Dan kepada wisatawan yang datang ke Bengkulu, tempat ini merupakan salah satu yang kita rekomendasikan,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Bengkulu, Tony Elfian, Selasa (5/1/2016).

Tidak hanya mengandalkan tanaman-tanaman cantik yang tumbuh di Bengkulu, agrowisata yang terletak di Jalan Raya Kandangmas RT 17Kelurahan Kandangmas Kampung Melayu ini juga menjadi tempat bagi pengolahan limbah sampah menjadi energi yang bisa bermanfaat untuk masyarakat. Karenanya, tak jarang tempat ini dijadikan sebagai sasaran target sekolah-sekolah untuk kunjungan studi.

“Diantara yang sudah ke sini adalah Yayasan Sepuluh Srikandi Muslimah (YSSM) Paud Bina Ilmu Betungan dari Kota Bengkulu, Paud A-Syifa dari Bengkulu Tengah, Poltek Negeri Lampung dan Pemerintah Kota Sungai Penuh Jambi,” urainya.

Bagaimana bila perut terasa lapar? Kandangmas Agrosari menyiapkan kantin untuk umum yang menyediakan berbagai macam menu makanan dan minuman seperti nasi uduk, nasi goreng, siomay, soto, bakso, aneka mie dan aneka juice.

“Bila ada tempat lain seperti ini di Kota Bengkulu, dukungan akan kami berikan sesuai dengan kemampuan anggaran yang kami miliki. Meski itu hanya sebatas bantuan papan nama dan papan petunjuk dimana lokasinya, yang jelas kami tidak akan datang dengan tangan hampa,” bebernya.

Sejumlah petinggi di Bengkulu telah ikut pula mendatangi tempat ini. Diantaranya anggota DPD RI Riri Damayanti John Latief dan Ketua DPRD Kota Bengkulu Erna Sari Dewi. Harapan Pemerintah Kota, ungkap Tony, tempat-tempat semacam ini dapat tumbuh subur di Kota Bengkulu pada tahun-tahun mendatang. [RN]

IST - Kandangmas Agrosari IST - Anggota DPRD Kota Bengkulu saat mengunjungi Kandangmas Agrosari