3060889700000578-0-30_year_old_women_who_die_in_50_years_time_aged_80_can_expect_to-a-29_1453289105424
Wanita 30 tahun, yang meninggal dalam waktu 50 tahun berusia 80, dapat berharap untuk menyerah pada penyebab serupa dengan peredaran darah pada 39 persen dan kanker, 29 persen, dibandingkan dengan penyebab yang lebih rendah seperti infeksi pada lima persen.

BAGAIMANA dan kapan anda mati bukan lagi dianggap sebagai sebuah rahasia. Database kematian telah diciptakan untuk mengetahui bagaimana anda akan mati. Dengan mengikuti tes ini maka kematian yang biasanya dianggap metafisik dan rahasia bisa tersingkap.

Penelitian yang dilakukan oleh Center for Disease Control and Preventio yang berpusat di Amerika Serikat  berupaya mengumpulkan data yang dikelola dalam sebuah grafik interaktif untuk mentaksir kemungkinan orang meninggal baik yang disebabkan oleh penyakit atau penyebab eksternal.

Berbagai faktor ditelah dan disimulasikan dalam grafik tersebut, baik data perbedaan gender, ras, dan usia. Penelitian ini dilakukan dengan melihat karakter dan penyebab kematian di Amerika Serikat sepanjang tahun 1999 sampai dengan tahun 2014.

Dengan menggunakan data Internationl Statistic Classification of Deseasen and Releated Health Problem (ICD) yang diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menemukan dan mengklasifikasikan 113 subkategori penyebab kematian. Selain itu, terdapat juga 20 kategori penyakit dan penyebab eksternal.

Setiap titik warna mewakili satu dari kehidupan simulasi diri anda, dan karena setiap tahun berlalu, lebih dari diri simulasi juga berlalu. Warna menjadi penanda penyebab kematian, dan bar di sebelah kanan melacak persentase kumulatif dimana kematian dipertimbangkan.

Profesor Yau menjelaskan bagaimana titik-titik yang berbeda berhubungan dengan berbagai penyebab kematian. “Warna sesuai dengan penyebab kematian, dan bar di sebelah kanan melacak persentase kumulatif. Pada akhirnya, ditemukan kemungkinan dalam setiap sebab kematian,” tulisnya.

Dengan mengubah usia, jumlah titik perubahan dengan tingkat kematian yang jauh lebih rendah di antara anak-anak yang mengarah ke lingkaran berwarna lebih sedikit.

Sebagai contoh, penyebab utama kematian pada seseorang yang berusia kurang dari 12 bulan yang perinatal atau bawaan yaitu suatu kondisi yang diwarisi sejak lahir. Namun, ini dibandingkan dengan masalah peredaran darah, seperti penyakit jantung dan stroke, menjadi penyebab paling mungkin kematian bagi pria dan wanita pada usia 50 tahunan.

3060DF3C00000578-3408183-image-a-47_1453293281674
Menariknya, seorang pria 25 tahun yang meninggal pada 30 jauh lebih mungkin untuk meninggal dari penyebab eksternal (68 persen) – seperti kecelakaan mobil – dari kanker (11 persen) atau infeksi (lima persen)
305EB69C00000578-0-The_coloured_dots_show_that_a_female_born_now_who_dies_at_the_ag-a-11_1453287379321
Titik-titik berwarna menunjukkan bahwa perempuan yang lahir sekarang yang meninggal pada usia satu yang paling mungkin untuk menyerah pada penyebab perinatal, yang berada di belakang 60 persen dari kematian, penyebab kongenital, pada 30 persen dan membuat kategori saraf up Sisanya, 10 persen

Infographic, berdasarkan data dari sertifikat kematian AS antara tahun 1999 dan 2014, menunjukkan bagaimana delapan tahun anak yang paling mungkin untuk dibunuh oleh ‘faktor eksternal,’ seperti kecelakaan, jika mereka mati pada usia 18 tahun.

Grafik menghitung penyebab ini berada di balik 67 persen kematian dalam keadaan ini, dibandingkan dengan penyebab pernapasan seperti asma yang hanya sebesar 17 persen.

Orang-orang yang lebih tua dengan usia 80 tahun keatas, 40 persen kemungkinan mereka untuk mati karena penyakit, dan lebih tinggi perubahan kematian akibat masalah peredaran darah. 

Data statistik kesehatan ini memberikan gambaran yang nyata dan bantahan bahwa kematian pada usia tua mislanya lebih disebabkan penyakit. “Ini mengejutkan saya, karena tampaknya seperti kanker akan menjadi penyebab utama hanya asumsi umum yang tidak tepat, kata Profesor Yau.

Di seluruh dunia, penyakit jantung dan stroke adalah penyebab utama kematian, akuntansi untuk 31 persen dari angka total, menurut American Heart Association

Angka yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia untuk 2012 mengungkapkan bahwa 68 persen dari semua kematian global berasal dari apa yang disebut penyakit tidak menular. Empat penyakit tidak menular utama adalah penyakit kardiovaskular (seperti penyakit jantung dan stroke), kanker, diabetes dan penyakit paru-paru kronis. 

Sementara penyakit infeksi, kehamilan dan kondisi melahirkan dan gizi buruk secara kolektif bertanggung jawab atas 23 persen kematian global. Sedangkan kematian karena kecelakaan 9 persen dari semua kematian.

Di negara berpendapatan tinggi atau negara maju, 87 persen kematian akibat penyakit jantung, kanker, diabetes dan kondisi paru dapat dicegah.

Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa penggunaan tembakau bertanggung jawab atas kematian sekitar 1 dari 10 orang dewasa di seluruh dunia. Merokok seringkali menjadi penyebab tersembunyi dari penyakit  yang bertanggung jawab atas kematian.

Meskipun banyak yang meragukan namun grafis yang dimunculkan dalam database kematian ini setidaknya telah memperhitungkan berbagai faktor baik internal maupun eksternal yang menyebabkan seseorang meninggal dunia.

Percaya atau tidak, tetapi dengan melihat grafis tersebut, seseorang dapat bertindak positif untuk merubah pola hidup maupun faktor-faktor negatif yang berpotensi menyebabkan kematian. Jika anda tidak percaya anda dapat mencobanya sendiri dengan mengisi database kematian.

Pengguna akan diminta untuk memasukkan rincian termasuk usia, jenis kelamin, dan etnis sebelum mereka dapat melihat bagaimana kehidupan dan kematian mereka mungkin terungkap. Hasil yang keluar menunjukkan bagaimana di usia anda saat ini dapat mengetahui pengaruh apa yang memungkinkan anda meninggal dalam berbagai tahap kehidupan usian anda.

Pada akhirnya, apapun hasil analisisnya seperti yang di Firmankan Tuhan, “dimanapun kamu berada maka kematian akan tetap menjemputmu,” (QS. An-Nisa: 78), dan setiap jiwa pasti akan merasakan mati,” (QS. Ali Imran: 185). [RPHS] 

305ECDA900000578-0-image-a-15_1453287412567
Jika seorang pria 50-tahun meninggal dalam waktu lima tahun, ia bisa berharap untuk dapat disebabkan oleh salah satu masalah di atas, namun peredaran darah dan kanker tetap alasan utama, akuntansi selama lebih dari setengah dari kematian di antara mereka