Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Malam Ini Ditetapkan, Februari Ridwan Mukti Dilantik

[caption id="attachment_12185" align="alignleft" width="300"]Ridwan Mukti saat kampanye Pilgub 9 Desember lalu. Ridwan Mukti saat kampanye Pilgub 9 Desember lalu.[/caption]

BENGKULU, PB - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Bengkulu menjadwalkan akan menggelar penetapan pasangan gubernur terpilih malam ini, Jumat (22/01/2016) di Hotel Horizon, Kota Bengkulu.


Baca juga: Mahfud MD: Setelah Putusan MK, Upaya Hukum Lain Percuma


Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra mengatakan, pihaknya akan menggelar pleno penetapan gubernur terpilih. "Malam ini, Jumat (22/01/2016) KPU akan menggelar pleno penetapan Gubernur terpilih untuk diserahkan ke DPRD provinsi Bengkulu," katanya, Jumat (22/01/2016).


Rencananya hasil penetapan Pleno tersebut, lanjutnya, besok tanggal 23 Januari akan diserahkan langsung ke kantor DPRD Provinsi Bengkulu.


Setelah penetapan Gubernur terpilih oleh KPU Provinsi Bengkulu, maka tahap selanjutnya akan dilakukan jadwal prosesi pelantikan Gubernur terpilih. "Untuk pelantikan masih menunggu jadwal dari Mendagri," ujarnya.


Sementara itu, pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah kemungkinan besar akan dilantik dalam waktu dekat. Pasalnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengagendakan pelantikan tahap awal pada bulan Februari yang akan datang.


Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan, pelantikan kepala daerah akan digelar dalam dua tahap. "Pelantikan Kepala Daerah akan diusahakan tahap pertama pada bulan Februari, kemudian tahap kedua akan digelar setelah keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) selesai," ungkapnya disela-sela kunjungannya ke Bengkulu kemarin.


Untuk pelaksanaan pelantikan tambahnya, direncanakan di Kantor Kemendagri di Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7 Jakarta Pusat.


Tjahjo juga tidak mempermaslahkan bila pelantikan nantinya dua kali. "Tak masalah kalau memang mau dilantik dua kali, pelantikan pertama di Kemendagri dan pelantikan berikutnya dalam sidang istimewa DPRD Provinsi Bengkulu," ungkapnya.


Dalam Pilgub 9 Desember lalu, pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Ridwan Mukti- Rohidin Mersyah menjadi pemenang Pilgub Bengkulu dengan persentase Perolehan suara 57,37 Persen atau sebanyak 517.190 suara, dari suara sah sebanyak 901.529 suara.


Sedangkan pasangan Sultan Baktiar Najamudin-Mujiono hanya mengantongi sebanyak 384.339 suara atau 42.63 persen. Dengan hasil tersebut, pasangan Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah unggul sebanyak 140.000 suara lebih dari pasangan Sultan-Mujiono. [MS]