Marjon bersama para pejabat Pemerintah Kota yang baru dilantikBENGKULU, PB – Tahun ini, Pemerintah Kota Bengkulu tampaknya belum akan menerima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang baru. Hal ini dipastikan oleh Sekretaris Daerah (Sesda) Kota Bengkulu, Marjon, Kamis (7/1/2016).

Baca juga: Kebutuhan CPNS Pemkot Meningkat

“Tahun ini kita masih belum terima CPNS. Selain karena menyelaraskan dengan kebijakan pusat, kita masih ingin mengoptimalkan pegawai kita yang ada saat ini,” katanya.

Namun Marjon tak menampik adanya kebutuhan yang mendesak untuk menambah tenaga pengajar dan tenaga medis untuk menopang kebutuhan pelayanan pendidikan dan kesehatan di Kota Bengkulu.

“Kekurangan itu kita maksimalkan dengan tenaga kontrak. Tapi yang betul-betul sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya.

Guna melakukan optimalisasi atas tenaga pegawai yang ada, sambungnya, Pemerintah Kota telah menetapkan sejumlah kebijakan taktis. Diantaranya, menerapkan sistem pengawasan kinerja pegawai berbasis elektronik.

“Seluruh PNS nanti wajib rekam wajah. Semua data-datanya akan tersimpan dan terkoneksi langsung dengan pemangku kebijakan. Nanti akan ada aplikasinya menggunakan teknologi mutakhir,” ungkapnya.

Selain itu, Pemerintah Kota juga bakal menerapkan sistem absen sidik jari. Bagi pegawai yang memiliki beban kerja yang berat, Pemerintah Kota menyiapkan Tunjangan Penambahan Penghasilan (TPP). Sementara yang tidak mendapatkan TPP, diberikan uang makan.

“Ini semua kewenangannya ada pada DPPKA. Kita harapkan sudah ada pada triwulan pertama tahun ini. Sehingga ke depan bisa kita evaluasi dna sempurnakan,” tutupnya. [RN]