Wali Kota Helmi Hasan (berpeci) saat meninjau pembangunan rumah gratis di Kampung BahariBENGKULU, PB – Meski telah rampung dibangun, namun 176 rumah gratis di Kampung Bahari belum berpenghuni. Sebab, rumah gratis yang pembangunannya pernah ditinjau oleh Wali Kota Helmi Hasan pada Februari 2014 silam ini belum dialiri listrik dan air.

Baca juga: Peluncuran Kampung Sejahtera Sumber Jaya Jadi Percontohan

“Kalau sudah dialiri listrik dan air, Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) akan membentuk tim seleksi. Tim itu nanti yang akan memilih siapa yang benar-benar layak untuk menghuni,” kata Kepala Kelurahan Sumber Jaya Elli Musliana, Senin (25/1/2016).

Ia menjelaskan, rumah gratis ini telah rampung sejak tahun yang lalu. Meski belum dialiri listrik dan air, sudah ada tiga keluarga kecil yang menghuni rumah hibah dari Kementrian PU dan Perumahan Rakyat tersebut.

“Mereka benar-benar dari keluarga yang tidak mampu. Sudah enam bulan tinggal disitu. Tidak ada keluarga, tidak ada sanak saudara dan tidak mempunyai uang untuk sewa rumah. Sehingga rumah ini difasilitasi untuk mereka hingga mereka mampu untuk menyewa rumah sendiri,” ujarnya.

Ia menambahkan, rumah gratis ini hanya boleh dihuni oleh kalangan terbatas. Namun penghuni utama diorientasikan kepada nelayan dengan status tunawisma. Setiap penguhuni hanya boleh menggunakan rumah gratis ini selama dua periode.

“Kriteria penghuninya nanti ditentukan oleh tim seleksi yang dibentuk Bappeda tadi. Ada batas waktu untuk menghuninya. Perpanjangan hanya boleh diajukan dua kali. Untuk kali ketiga penghuni harus menyerahkannya kepada yang lebih membutuhkan lainnya,” demikian Elli. [RN]