P_20160129_155406 P_20160129_144522 (1) P_20160202_161844

BENGKULU, PB – Karya Inovasi Anak Negeri (KIAN) AirCon Hot Water System merupakan salah satu produk pendingin ruangan alias air conditioner (AC) yang memiliki fungsi sebagai pemanas air. AC buatan KIAN ini lebih hemat, aman dan ekonomis karena tanpa menggunakan listrik.

Terobosan baru pemanas air ala KIAN ini diakui oleh Hendri, Pengelola dan Tecnisi Water Heater Kota Bengkulu yang sering melayani permintaan pemasangan pemanas air KIAN. Ia mengatakan cara kerja pemanas air dari AC ini dapat membantu menghemat tagihan listrik  setiap bulannya.

“Bagi yang punya AC tunggu apalagi, sayang kan kalau tidak dimanfaatkan daur ulang panas buangan ACnya? Dari cara kerja freon AC kita mendapatkan dua manfaat udara sekaligus dalam satu produk yaitu suhu dingin dan panas,”jelas Hendrik, Kamis (18/2/2016).

Pemasangan pemanas air dari AC KIAN ini sangat cocok untuk rumah pribadi, hotel, Rumah Sakit, apartemen, atau tempat dimana AC anda terpasang. Terlebih lagi, keperluan air panas khususnya untuk mandi sudah menjadi standar kesehatan dan kehidupan anda.

“Untuk  pemanas air dari AC ini, kami siapkan ukuran 50 liter dan 70 liter. Harganya Rp 6,5 juta untuk kapasitas tangki 50 liter dan Rp 7,5 juta untuk kapasitas tangki 70 liter,” papar Hendrik.

Keuntungannya kata Hendrik, kerja AC akan lebih efektif sehingga pemakaian listrik pun lebih hemat dan lebih menguntungkan lagi, sebab selain tanpa penggunaan listrik, juga bebas biaya operasional perawatan.

Prinsip kerjanya, alat ini memanfaatkan pemanasan dari sirkulasi freon. Lanjutnya, jadi di dalam tabung KIAN ini sudah ada gulungan tembaga juga yang akan menyerap dan menyimpan energi panas tersebut. Jadi air panasnya itu dihasilkan melalui pemanfaatan energi panas yang terbuang dari AC. Tapi sama sekali tidak mempengaruhi kinerja AC sendiri maupun terhadap biaya listriknya, justru alat ini sekaligus bisa membantu kerja AC lebih ringan sehingga pemakaian daya listrik menurun

“Keuntungan panas dihasilkan dari sirkulasi panas kondensor freon AC. Tangki nya terbuat dari stainless stell, dan dilapisi oleh peredam agar panas lebih tahan lama juga ramah lingkungan. Jika AC mati, air panas bisa bertahan satu hingga dua hari,” kata Hendrik, dengan bangga memperkenalkan dan mempromosikan produk KIAN hasil karya inovasi anak negeri ini.

AC yang bisa digunakan, lanjut Hendrik, mulai dari AC ukuran 1/2PK, 1 PK , bahkan sampai AC yang berukuran besar. “Anda tidak perlu ragu, satu tangki bisa dibuat untuk satu sampai tiga kamar mandi. Bagaimana anda tertarik dengan produk anak negeri,” kata Hendrik.

Bila anda berminat ingin memasag alat pemanas air (water heater) AC produk KIAN karya tersebut dapat menghubungi melalui nomor Handphone 085265879849 atau datang langsung ke tempat kerjanya yang beralamat di Blok A Nomor 06 Perumahan Samsat, Air Sebakul. [Siregar]