Sepeda Santai di HUT Kota Bengkulu

DSC09807BENGKULU, PB – Rangkaian HUT Kota Bengkulu ke 297 kembali dimeriahkan dengan event sepeda santai (fun bike) berhadiah. Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bengkulu yang menjadi panitia kegiatan sepeda santai menyampaikan kegiatan sepeda sehat ini menjadi cerminan hidup sehat tanpa polusi dan kemacetan.

“Permasalahan kemacetan yang sedang dihadapi kota besar memang belum terjadi di Bengkulu. Namun bisa terjadi 10 tahun mendatang, karena itu kita mengatisipasi dari sekarang. Sebelum macet datang kita sudah siap dengan solusi,” katanya.

Ia mengakui bila dibadingkan dari sisi anggaran maka upaya menguraikan solusi kemcatean dengan membuat saran transportasi baru, seperti monorel dan busway, belum bisa karena keterbatasan anggaran. Mungkin saat ini ada baiknya membuat alternatif seperti di Belanda, Jepang, Amerika Serikat, dan negara Eropa lainnya membuat jalur khusus sepeda yang lebih efisien.

“Negara-negara maju untuk ke kantor tidak memakai kendaraan roda empat maupun roda dua lagi, mereka cukup bersepeda saja. Kenderaan diperlukan untuk transportasi jarak jauh,” kata Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan di depan awak media, Bengkulu Minggu (13/3/2016).

Wali Kota yang dikenal sederhana itu mengusulkan agar hari Jumat menjadi Hari Sepeda. Untuk memastikan hal itu, ia menginisiasi untuk dilakukan pertemuan guna menyamakan pandangan terlebih dahulu.

“Pemerintah Kota Bengkulu, Dewan, Dandim, Kapolres, pada intinya setuju dicangnkan Hari Sepeda. Saat ini tinggal mengajak pihak swasta, perbankan, anak sekolah, orang tua wali murid, kedepan akan dipertemukan sehingga kepahamannya sama,” imbuhnya.

Namun, hal itu tidak bisa dipkasakan bila ada yang tidak siap. Tujuannya lanjutnya, adalah membangun budaya bersama, mudah-mudahan 20-30 tahun mendatang Bengkulu menjadi kota besar tanpa kemacetan.

“Bersepeda juga dapat menyehatkan dan mengurangi polusi. Anak-anak sekolah disarankan untuk bersepeda. Kesuksesan dari berbagai event dan kegiatan ini bukan kerja Pemerintah Kota sendiri, namun ada dukungan dari berbagai pihak,” lanjut Helmi.

Acara sepeda sehat tersebut dihadiri, Ketua DPRD Kota Bengkulu Erna Sari Dewi, Dandim 0407 Kota Bengkulu Letkol CZI Muhammad Said, Kejari Bengkulu  I Made Sudarmawan, Kapolres Bengkulu AKBP Ardian Indra Nurinta, Wakil Wali Kota Patriana Sosialinda, pimpinan SKPD Kota Bengkulu, komunitas sepeda dan masyarakat umum.

Sementara itu peserta sepeda santai, Dwi Harmoko (26) cukup senang dengan kegiatan fun bike tersebut. Bersepeda dengan rutin selain dapat menyehatkan badan juga dapat menyalurkan hobi, sambungnya, juga komunitas semakin luas karena mengakrabkan diri dengan teman-teman lama serta menambah teman baru.

Terkait dengan wacana Walikota tentang akan digalakannya sepeda sehat setiap hari Jumat, ia mengaku sangat setuju. “Sangat mendukung sekali, apalagi dapat mengurangi polusi dan penghematan penggunaan bahan bakar di Bengkulu,” ungkap karyawan Bank Sinarmas tersebut. [Zefpron Saputra]

DSC09819 (1) DSC09798