KapoldaBENGKULU, PB – Kapolda Bengkulu Brigjen Pol M Ghufron mengatakan, api dipicu karena adanya solidaritas negatif sesama napi ketika diperiksa oleh BNN bersama tim gabungan. Dalam bahasa lain, lapas tersebut dibakar oleh Napi yang ada di sel narkoba.

Kuat dugaan, tahanan ini berani melakukan hal tersebut lantaran masih mengendalikan bisnis narkobanya di dalam tahanan tersebut. “Ketika dia diperiksa, muncul keributan dan temannya menyulut api. Kemudian mengenai gas dan meledak,” kata Ghufron, kepada wartawan, Sabtu (26/3/2016).

Baca juga: Lapas Malabero Terbakar, Napi Berusaha Kabur

Kapolda melanjutkan gas ini lah yang kemudian menyulut api hingga akhirnya membakar sel tersebut. Sialnya, api tersebut menjalar ke seluruh ruangan hingga akhirnya membuat seluruh lapas itu dijilat si jago merah.

Saat ini, Kapolda menegaskan seluruh napi dievakuasi ke Rumah Tahanan Bentiring. Kapolres Bengkulu bersama tim dari TNI dan Lapas Malabero juga terus menyusuri lapas tersebut. Lihat juga: Penyebab Belum Diketahui, Napi Sudah Dievakuasi

Kapolda belum bisa memastikan apakah ada tahanan yang melarikan diri atau tidak. Kata dia “Nanti kita hitung.”

Pantauan Pedoman Bengkulu, sekira pukul 00.30 WIB, seorang anggota Brimob mendadak keluar ruangan. Ia berteriak bawah masih ada lima orang di dalam dan membutuhkan air minum.

Kelimanya kemudian digotong dengan tandu keluar lapas. Saat ini api mulai berhasil dijinakkan. Namun, situasi di sekitar lapas masih dipadati oleh warga masyarakat sekitar yang penasaran dan para keluarga korban. Baca juga: Situasi Lapas Masih Mencekam [RN]