12921085_1077431928988994_1748680659_nBENGKULU SELATAN, PB – Tahun ini Dinas Pertanian Bengkulu Selatan kembali akan memberikan bantuan bibit sawit kepada petani. Sebanyak 58 ribu bibit sawit tersebut, saat ini sedang disemaikan di lokasi Pembibitan Padang Panjang. Direncanakan akan dibagikan pada Bulan Agustus mendatang.

Baca juga: Fokus ke Pertanian, Dirwan Serahkan Bantuan Traktor dan Motor PPL dan Bupati Baru, Penyuluh Pertanian Lepas Harapkan Bantuan Operasional

Dijelaskan Kepala Dinas Pertanian Wika Gatot Subroto, ribuan bibit sawit tersebut akan dibagikan kepada petani di lima Kecamatan dalam kabupaten Bengkulu Selatan, yakni Kecamatan Pino Raya, Pino, Manna, Kedurang, dan Bungamas.

Setelah 58 ribu bibit sawit tersebut disalurkan ke petani, Dinas Pertanian kembali akan menyemai bibit sawit di lokasi yang sama. Direncanakan, Dinas Pertanian akan menyemai bibit sawit sebanyak 100 ribu batang pada bulan November 2016 mendatang.

Untuk masalah mekanisme bantuan bibit itu, apakah akan digratiskan atau hanya disubsidi atau dengan harga yang murah, Kepala Dinas belum bisa memastikannya.

“Kalau bibit itu nanti akan disubsidi dengan harga murah seperti tahun-tahun sebelumnya atau memang mau dikasih cuma-cuma atau gratis, kami belum tahu, itu tergantung dengan kebijakan Bupati, atas persetujuan DPRD. Kalau kita hitung-hitung, untuk setiap batang bibit itu mengeluarkan biaya Rp 12.500,” ujar Wika Gatot Subroto.

Jika dibandingkan tahun 2015 lalu, pembagian bibit sawit tidak digratiskan, hanya disubsidi saja. Perbatangnya dijual dengan harga Rp 7.500. (Apdian Utama)