13090440_1092584957473691_1834590365_nBENGKULU SELATAN, PB – Dalam rangka Hari Bakti Kemasyarakatan ke-52 tahun 2016, hari ini (26/4/16) Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Manna menggelar acara Ceramah Agama. Bertempat di aula Rutan, ceramah agama tersebut diikuti oleh pegawai Rutan, tahanan dan Narapidana. Sebagai penceramah, diisi oleh Ustad Nurman.

Baca juga: Pesta Ulang Tahun di Rumah Dinas Rutan, Polisi Temukan Alat Isap Sabu

Dijelaskan Kepala Rutan Klas IIB Manna Sony Sofian, acara hari bakti pemasyarakatan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya biasa diisi dengan kegiatan kerja bakti dan gotong royong, namun kali ini dirayakan dengan acara ceramah agama.

“Ceramah agama ini untuk merefresh pikiran dan mental para tahanan dan narapidana. Ini bentuk dukungan moril dan memberi motivasi dan nasihat, supaya nanti kalau mereka sudah bebas bisa kembali bergabung dengan masyarakat umum dan tidak akan mengulangi kesalahan yang membuat mereka masuk ke Rutan ini.”

Dalam ceramahnya, Ustad Nurman mengajak kepada jemaah pengajian untuk terus bersyukur dalam kondisi apapun dengan tidak meninggalkan salat. Di samping itu Ustad juga menyampaikan bahwa, tidak ada dosa yang tidak diampuni oleh Allah SWT. Tapi sada satu syaratnya, yakni taubatan Nashuha atau taubat dengan sebenar-benarnya taubat.

Baca juga: Positif Narkoba, Tiga Sipir Rutan Manna Diskorsing

Dari kapasitas 100 orang, Rutan Manna terdapat 204 tahanan dan narapidana. Tahanan Narkoba sebanyak 36 orang, Tindak Pidana Korupi sebnyak 10 orang, anak-anak 10 orang, dan sisanya adalah tahanan pidana umum. (Apdian Utama)