Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Sambut Panen Raya, Warga Undang Bupati

20150428195554-1-panen-padi-011-debby-restu-utomoBENGKULU TENGAH, PB - Jelang panen raya di Kabupaten Benteng yang diprediksi minggu ke tiga bulan ini, petani di kawasan itu bakal mengundang Bupati Bengkulu Tengah H Ferry Ramli. Sebagaimana yang direncanakan Usman, petani di kawasan desa Kembang Seri.

Warga yang memiliki lahan 2 hektar ini rencananya bakal mengundang kepala daerah untuk memanen hasil penanaman awal tahun ini. Undangan ini merupakan yang pertama dilakukan warga di desa itu. (Baca juga: Daya Beli Petani Bengkulu Defisit).

"Undang Ferry (Ferry Ramli, bupati Benteng-red) panen raya nanti. Sekitar seminggu lagi. Ini yang pertama. Panen raya sebelumnya belum pernah diadakan. Kebetulan buah padi tahun lumayan lebat. Kami harapkan bupati membuka panen raya di sawah kami," tutur Usman.

Selain Usman, harapan yang sama diungkapkan petani lain di areal persawahan tadah hujan itu. Hasil buah padi kali ini lumayan lebat. Dan hama burung pemakan buah pada tidak begitu banyak. (Baca juga: Petani Gunung Kayo Mulai Kembangkan Beras Merah)

"Belum pernah diundang, ya penanaman kali ini lumayan berisi buahnya. Rumpun padinya juga lebat. Hama burung juga tidak begitu banyak," ujar seorang pemilik sawah.

Sementara itu, hujan lebat beberapa hari terakhir sempat merobohkan beberapa puluh batang padi. Hal ini terjadi Rabu (13/4/2016) saat petani mengecek sawah mereka. Meski terjadi di beberapa areal, namun petani tetap bersyukur atas buah padi yang masih bisa dipanen.

"Ada beberapa petak sawah padi yang rubuh, kami berharap kondisi itu masih bisa diperbaiki karena jelang panen raya yang dihadiri bupati," tambah mereka. (Baca juga: Sejahterakan Petani, Pemerintah Siapkan Ratusan Hektar Lahan Perkebunan).

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Bengkulu Tengah beberapa waktu lalu menyatakan lumbung kabupaten yang bakal menyimpan stok gabah sudah selesai dibangun berkapasitas 100 ton berlokasi di desa Rena Semanek. Adanya panen raya kali ini diharapkan bisa mengisi cadangan gabah di Benteng. (Dedy Irawan)