Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Sempat Gaduh, Lapas Curup Telah Kondusif

944926_955138594582026_2496252213195578036_nBENGKULU, PB - Meski sempat terjadi kegaduhan sekira pukul 11.55 WIB, Jum'at (15/4/2016), namun keadaan Lapas Klas IIA Curup, Kabupaten Rejang Lebong, telah kembali kondusif.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bengkulu, Dewa Putu Gede, menduga, kegaduhan sempat terjadi lantaranya adanya penetapan tiga aturan oleh pihak lapas.

Diantaranya warga binaan diperkenankan mendekati ruang besuk hanya saat dikunjungi keluarga. Kemudian, telepon genggam tidak diperkenankan masuk dalam kamar tahanan dan pihak lapas memasang CCTV di areal Lapas.

Protes itu, ujar Dewa, disampaikan dengan cara melempari petugas dan ruang besuk dengan benda-benda keras. Kantor lapas juga menjadi sasaran namun tidak terjangkau karena jaraknya dari kamar tahanan relatif jauh.

"Tidak ada korban jiwa. Kondisi saat ini mulai kondusif," terangnya.

Kondusifitas Lapas Klas IIA Curup saat ini tak terlepas dari kesigapan ratusan personil TNI-Polri bersenjata lengkap yang langsung diterjunkan ke lokasi kejadian tak lama setelah terjadi kegaduhan.

Kasdim 0409 Rejang Lebong Mayor Inf Saldifa mengatakan, ratusan aparat yang juga terdiri dari Polres Rejang Lebong dan Detasemen A Pelopor Brimob telah mengamankan keadaan lapas, baik di luar maupun di dalam.

Saat ini, jumlah Lapas Curup sebanyak 559 orang. Mereka dijaga oleh 28 orang petugas. [**]